Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan sektor Property dan Real Esate yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Pt. Pakuwon Jati, Tbk. periode 2009-2018

Pilosa, Sensa (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan sektor Property dan Real Esate yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Pt. Pakuwon Jati, Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan akan berupaya untuk mengembangkan usahanya guna mendapatkan dana. Investor akan memutuskan berinvestasi di perusahaan yang memiliki keadaan finansal yang baik. Menentukan keadaan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan menganalisis rasio-rasio keuangannya. Rasio yang bisa digunakan untuk menganalisis keuangan adalah Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Investment (ROI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh CR terhadap ROI secara parsial, DER terhadap ROI secara parsial dan seberapa besar pengaruh CR dan DER terhadap ROI secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan jenis data kuantitatif. Sumber data primer dari laporan keuangan yang tercatat di PT. Pakuwon Jati, Tbk. Periode 2009-2018. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi sederhana, korelasi Pearson Product Moment, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji signifikan. Hasil dari pengujian dalam penelitian ini menunjukkan CR terhadap ROI terbuktinya tidak berpengaruh signifikan dengan tingkat 47,4% untuk korelasi tergolong kategori rendah dan untuk uji t menunjukkan Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa CR terhadap ROI pengaruhnya tidak signifikan. DER terhadap ROI terbukti tidak berpengaruh signifikan dengan tingkat 79,9%, untuk korelasi tergolong sangat lemah dan untuk uji t menunjukkan Ho diterima jadi dapat disimpulkan bahwa tidak berpengaruh yang signifikan antara DER terhadap ROI. Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Investment secara simultan terbukti tidak berpengaruh signifikan, untuk korelasi berganda terdapat hubungan cukup kuat dengan tingkat R2 sebesar 33,5%, dan dengan uji F menunjukan Ho diterima Ha ditolak sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan pengaruhnya tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Investment.
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sensa Sapilosa
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:30
Last Modified: 05 Mar 2021 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37495

Actions (login required)

View Item View Item