Khuzaefah, Zefah (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
2_DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3_ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Upaya untuk meningkatkan kualitas mutu proses pembelajaran di kelas salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keterlaksanaan dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik terhadap bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) pada materi alat optik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Sampel yang digunakan adalah XI IPA 3 SMA Al-Ittihad Cianjur sebanyak 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis AABTLT with SAS, dan tes uraian keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) sebesar 82,81% dengan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) meraih persentase rata-rata sebesar 80,33% dengan interpretasi sangat efektif. (3) Penggunaan bahan ajar berbasis aplikasi Master Optic (MO) pada materi alat optik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik denga rata-rata N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Hasil uji t yang telah diperoleh dari hasil perhitungan adalah thitung 5,33 > ttabel 2,045, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar aplikasi Master Optic (MO) pada materi alat optik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | master optic; keterampilan berpikir kritis; alat optik |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | zefah kh zefah khuzaefah |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 06:58 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37497 |
Actions (login required)
View Item |