Jannah, Miftahul (2020) Peran Etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (749kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
Abstract
Etnomatematika ialah suatu matematika budaya yang mampu dijadikan pendekatan ataupun media pembelajaran matematika yang kreatif serta inovasi. Pada faktanya pembelajaran matematika berbasis budaya memiliki dampak yang baik guna memudahkan siswa dalam memahami materi matematika beserta manfaat dalam kehidupan melalui permainan tradisional serta bangunan adat budaya lokal. Sehingga pada penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat peran etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Dengan menggunakan metode penelitian Library Research dan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwasanya peran etnomatematika memiliki potensi yang baik untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis yang di dukung melalui tiga indikator yang memenuhi yaitu: 1) kemampuan menyatakan ulang konsep materi yang dipelajari, 2) mengklarifikasi objek – objek pada materi, 3) menyajikan konsep maupun merepersentasikan materi. Etnomatematika memiliki jangakauan luas dalam kontribusi pembelajaran matematika yang mana pada implementasinya mampu menjadi lintasan yang baik guna memudahkan siswa dalam mempelajari matematika terutama pada fokus materi peneliti yaitu materi bangun datar yang dapat dipelajari dari konsep dasar hingga pemecahan masalah bangun datar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika; kemampuan pemahaman matematis; indikator pemahaman matematis; |
Subjects: | Culture and Institutions Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | miftahul Jannah |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 06:15 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37511 |
Actions (login required)
View Item |