Peran Etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa

Jannah, Miftahul (2020) Peran Etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy

Abstract

Etnomatematika ialah suatu matematika budaya yang mampu dijadikan pendekatan ataupun media pembelajaran matematika yang kreatif serta inovasi. Pada faktanya pembelajaran matematika berbasis budaya memiliki dampak yang baik guna memudahkan siswa dalam memahami materi matematika beserta manfaat dalam kehidupan melalui permainan tradisional serta bangunan adat budaya lokal. Sehingga pada penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat peran etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Dengan menggunakan metode penelitian Library Research dan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwasanya peran etnomatematika memiliki potensi yang baik untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis yang di dukung melalui tiga indikator yang memenuhi yaitu: 1) kemampuan menyatakan ulang konsep materi yang dipelajari, 2) mengklarifikasi objek – objek pada materi, 3) menyajikan konsep maupun merepersentasikan materi. Etnomatematika memiliki jangakauan luas dalam kontribusi pembelajaran matematika yang mana pada implementasinya mampu menjadi lintasan yang baik guna memudahkan siswa dalam mempelajari matematika terutama pada fokus materi peneliti yaitu materi bangun datar yang dapat dipelajari dari konsep dasar hingga pemecahan masalah bangun datar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika; kemampuan pemahaman matematis; indikator pemahaman matematis;
Subjects: Culture and Institutions
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: miftahul Jannah
Date Deposited: 08 Mar 2021 06:15
Last Modified: 08 Mar 2021 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37511

Actions (login required)

View Item View Item