Hubungan penggunaan aplikasi raport digital dengan kinerja guru : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang

Nurfauziyyah, Rida (2020) Hubungan penggunaan aplikasi raport digital dengan kinerja guru : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi raport digital merupakan bentuk implementasi dari kebijakan pemerintah dimana teknologi saat ini sudah memasuki ranah pendidikan. Sehingga dengan adanya aplikasi raport digital akan meningkatkan produktivitas dan efektivitas, terutama guru. Selain itu juga guru dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Namun, terdapat beberapa permasalahan internal yang dihadapi guru, sehingga banyak faktor naik-turunnya kinerja guru saat ini salah satunya dengan penggunaan aplikasi raport digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan aplikasi raport digital di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang (2) kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang dan (3) hubungan antara penggunaan aplikasi raport digital dengan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 31 sampel guru dengan jumlah populasi 152 dengan menggunakan model skala likert disebar melalui online dan offline dengan menggunakan Goggle Form. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi yaitu alat uji statistik untuk mencari hubungan antara variabel x dengan variabel y sehingga dapat diambil kesimpulan apakah terdapat korelasi yang signifikan atau tidak. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan aplikasi raport digital di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang termasuk kualifikasi tinggi dari hasil penelitian kepada 31 orang responden yang berada pada rentang interval 3,40-4,19 (2) kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang termasuk kualifikasi sangat tinggi dari hasil penelitian kepada 31 orang responden yang berada pada rentang interval 4,20-5,00 dan (3) adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara penggunaan aplikasi raport digital dengan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang dengan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,644. Artinya semakin tinggi penggunaan aplikasi raport digital, maka semakin tinggi pula kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Dengan demikian direkomendasikan agar guru meningkatkan penggunaan aplikasi raport digital guna meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hubungan;Aplikasi Raport Digital;Kinerja Guru
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Office Services > Computer Application for Office Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rida Nurfauziyyah
Date Deposited: 08 Mar 2021 01:16
Last Modified: 08 Mar 2021 01:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37515

Actions (login required)

View Item View Item