Bimbingan rohani Islam untuk membentuk kualitas layanan terhadap pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak AL Islam Kota Bandung.

Suherman, Muhammad Yogi (2020) Bimbingan rohani Islam untuk membentuk kualitas layanan terhadap pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak AL Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (34MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan Rohani Islam adalah kegiatan yang didalamnya terjadi bimbingan dan pembinaan rohani kepada pasien di Rumah Sakit, sebagai upaya menyempurnakan ihktiar medis dengan ikhtiar spiritual, khususnya layanan Bimbingan Rohani Islam di RSIA AL Islam terutama pasien nya yg sedang mengalami goncangan mental sehingga memperlambat proses kesembuhannya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan layanan Bimbingan Rohani Islam pasien rawat inap sakit di RSIA AL Islam Bandung dalam menangani pasien rawat inap yang sedang mengalami goncangan mental, dimana kualitas layanan Bimbingan Rohani Islam diperlukan dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan sumber daya insani di baik dilingkungan rumah sakit dan maupun masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bimbingan secara langsung yaitu dimana pembimbing melakukan komunikasi langsung kepada pasien rawat inap, dan juga tidak langsung adalah cara yang digunakan petugas rohani lewat media komunikasi langsung. Metode yg digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, yakni memberikan gambaran secara sistematis factual, dan akurat mengena fakta yang berkaitan dengan bimbingan rohani Islam untuk membentuk kualitas layanan bagi pasen rawat inap di Rumah Sakit ibu dan anak al-Islam Bandung Hasil penelitian lapangan ini menunjukan bahwa pelaksanaan Bimbingan dan Rohani Islam yang dilakukan oleh petugas kerohanian kepada pasien rawat inap dengan model hikmah, maud’izah hasanah, dan mujadalah. Kemudian program bimbingan rohani Islam dalam membentuk kualitas adalah asassment spiritual pasien, tadzkirah, Tausiah Audio Online, Hasil positif adanya layaanan bimbingan rohani Islam terbukti sebagaimana wawancara dengan pasien menyebutkan bahwa adanya bimbingan rohani Islam menjadikan pasien menjadi agar selalu tegar dan berpikir positif, lebih tenang, dan selalu berserah diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Bentuk Layanan; Pasien Rawat Inap
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Yogi Suherman
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:46
Last Modified: 30 Mar 2021 09:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37552

Actions (login required)

View Item View Item