Nisa, Sofiatun (2020) Korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan : Studi penelitian di kelas X SMA Negeri 1 Cibinong Cianjur Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran adalah kegiatan terarah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara mengukur aspek-aspek dalam proses pembelajaran adalah dengan adanya hasil belajar. Untuk menunjang hasil belajar siswa terdapat aspek-aspek yang penting untuk dimiliki salah satunya adalah aspek kemampuan berpikir kritis. Karena dengan berpikir kritis manusia dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang ada mengikuti jaman yang kian berubah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar pada materi pancemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan analisis korelasional koefisien dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Cibinong Cianjur Selatan dengan nilai r = 0,61. Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar tergolong pada kategori cukup. Kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar berpengaruh sebesar 35%. Kemampuan berpikir kritis siswa termasuk kedalam faktor internal yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi; Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Pencemaran lingkungan; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sofiatun Nisa |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 07:39 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37607 |
Actions (login required)
View Item |