Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) terhadap pembiayaan produktif dan pemberdayaan usaha serta implikasinya terhadap indeks pembangunan manusia nasabah di wilayah Ciayumajakuning

Sujata, Tatang (2020) Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) terhadap pembiayaan produktif dan pemberdayaan usaha serta implikasinya terhadap indeks pembangunan manusia nasabah di wilayah Ciayumajakuning. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (981kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa perusahaan yang ingin mempertahankan eksistensinya tentunya harus bisa bertahan dari ketatnya persaingan, sama halnya dengan BMT di wilayah Ciayumajakuning yang merupakan lembaga keuangan mikro syari’ah yang terus berkembang di kalangan masyarakat. Sehingga, dalam menanggapi situasi tersebut salah satu upaya yang dilakukan BMT di wilayah Ciayumajakuning adalah dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia terhadap pembiayaan Nasabah baik itu dari segi peranan maupun kualitas produknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Pembiayaan Produktif, Pemberdayaan Usaha dalam Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pembiayaan Nasabah di Wilayah Ciayumajakuning.. Kerangka berpikir pada penelitian ini mengacu pada teorinya M. Nur Rianto, bahwa Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) adalah lembaga keuangan mikro syariah yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil, menumbuh kembangkan usaha mikro dalam rangka mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin, ditumbuhkan atas prakarsa dan modal awal dari tokoh-tokoh masyarakat setempat dengan berlandasan pada sisitem ekonomi yang salam: keselamatan (berintikan keadilan), kedamaian, dan kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen, sampel populasi adalah pegawai BMT di wilayah Ciayumajakuning. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah melalui angket, kemudian didukung oleh observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Variabel peran BMT berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan nasabah di wilayah Ciayumajakuning. Sehingga dapat dikatakan semakin baik peran BMT yang diberikan di wilayah Ciayumajakuning maka akan semakin meningkatkan pembiayaan dari nasabah. 2) Variabel Pembiayaan produktif , berdasarkan perhitungan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa Pembiayaan produktif memiliki terhadap pembiayaan nasabah. 3) Berdasarkan perhitungan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa Variabel Pemberdayaan Usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembiayaan nasabah. 4) Variabel indeks pembangunan manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan nasabah BMT di wilayah Ciayumajakuning. Sehingga dapat dikatakan indeks pembangunan manusia tidak secara otomatis meningkatkan pembiayaan dari nasabah. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan “ada pengaruh indeks pembangunan manusia terhadap pembiayaan nasabah BMT di wilayah Ciayumajakuning” ditolak dan tidak terbukti.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: BMT; PEMBIAYAAN PRODUKTIF; PEMBERDAYAAN USAHA
Subjects: Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:17
Last Modified: 10 Mar 2021 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37629

Actions (login required)

View Item View Item