Ilham, Pepen Yusep (2020) Gaya kepemimpinan kepala Madrasah hubungannya dengan disiplin kerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Muhajirin Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover .pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak .pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi .pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1 .pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3 .pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5 .pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah di MTs Muhajirin Kota Bandung. (2) Bagaimana disiplin kerja guru di MTs Muhajirin Kota Bandung. (3) Apakah terdapat hubungan anatara gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan disiplin kerja guru di MTs Muhajirin Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas gaya kepemimpinan kepala madrasah, mengetahui disiplin kerja guru serta realitas hubungan gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan disiplin kerja guru di MTs Muhajirin Kota Bandung. Penelitian ini dilandasi berdasarkan salah satu hasil Studi Annisa Syafrianti (2017), hasil penelitiannya menunjukan bahwa terdapat korelasi antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru di MTs Negeri Lubuk Pakam 0, 435 melalui analisis korelasi. Artinya semakin tinggi kepemimpinan kepala madrasah tersebut maka semakin baik dan tinggi pula kinerja guru tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara variabel X (gaya kepemimpinan kepala madrasah) dan variabel Y (disiplin kerja guru) Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,79 angka tersebut termasuk pada kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. (2) Disiplin kerja guru memperoleh nilai 4,09 berkualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. (3) Realitas hubungan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan disiplin kerja guru diperoleh nilai korelasi sebesar 0,35, dengan kualifikasi rendah karena berada pada interval 0.20 – 0,40. Sehingga dapat dikatakan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah (Variabel X) memiliki korelasi yang rendah terhadap disiplin kerja guru (Variabel Y). Hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukan thitung adalah 2,07 ≥ ttabel 1,71. Kemudian kadar pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah sebesar 7 %. Oleh karena itu masih ada faktor lain sebesar 64 % yang mempengaruhi disiplin kerja guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Disiplin Kerja; Guru; |
Subjects: | Social Process > Leadership General Management > Personnel Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pepen Yusep Ilham |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 06:01 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37729 |
Actions (login required)
View Item |