Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Bojong Kabupaten Bandung Barat

Hanipah, Khairunnisa (2019) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Bojong Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan yang dilakukan di MI Bojong Kabupaten Bandung Barat, bahwa minat belajar siswa di kelas IV MI Bojong masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa menganggap bahwa pembelajaranAkidah Akhlak kurang menyenangkan dan mudah untuk bosan, sehingga berpengaruh terhadap minat belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini dapat memberikan gambaran proses peningkatan minat belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS. Model ARIAS merupakan modifikasi dari model ARCS yang dikembangkan oleh Keller dan Kopp sebagai upaya merancang pembelajaran yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Model ARIAS ini memiliki lima komponen yaitu assurance (percaya diri), relevance (sesuai dengan kehidupan siswa),interest (minat), assessment(evaluasi) dan satisfaction (penguatan) yang menjadi satu kesatuan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Hipotesis tindakanyang diajukanyaitu penerapan modelpembelajaranARIAS diduga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus memuat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa serta angket minat belajar siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bojong Kabupaten Bandung Barat berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran ARIAS memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 65 dengan ketuntasan klasikal 27% dengan kriteria kurang sekali. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I mencapai 56% dengan kriteria kurang dan tindakan II aktivitas guru mencapai 72% dengan kriteria sedang. Siklus II tindakan I aktivitas guru mencapai 80% dengan kriteria baik dan tindakan II mencapai 88% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 53% dengan kriteria kurang sekali dan tindakan II mencapai 65% dengan kriteria sedang. Siklus II tindakan I aktivitas siswa mencapai 78% dengan kriteria baik dan tindakan II 89% dengan kriteria sangat baik. Adapun minat belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 76 dengan ketuntasan klasikal 65% dengan kriteria sedang. Siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; model arias;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairunnisa Hanipah
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:52
Last Modified: 15 Mar 2021 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37751

Actions (login required)

View Item View Item