Pengaruh ragam formulasi nutrisi sistem hidroponik irigasi tetes terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil ubi benih G0 tiga varietas kentang (Solanum tuberosum L.)

Andriani, Dini (2020) Pengaruh ragam formulasi nutrisi sistem hidroponik irigasi tetes terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil ubi benih G0 tiga varietas kentang (Solanum tuberosum L.). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Kentang merupakan salah satu tanaman sayuran yang mendapat prioritas dalam pengembangannya dibandingkan sayuran lainnya. Komoditas kentang merupakan sumber karbohidrat rendah kalori sehingga berpotensi untuk substitusi beras dalam program diversifikasi pangan, sekaligus mendukung program ketahanan pangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2020 di Rumah Kassa Balai Penelitian Tanaman Sayuran Lembang. Menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor, faktor pertama adalah Nutrisi (Nutrisi Sutiyoso, Nutrisi Dianawati, Nutrisi Muhibuddin dan Nutrisi Darvisi) dan faktor kedua adalah Varietas (varietas Granola L, Varietas Papita Agrihorti dan Varietas AR08) sehingga terdapat 12 kombinasi perlakuan yang diulang tiga kali. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan terdapat interaksi antara formulasi nutrisi dan varietas pada parameter tinggi tanaman (3,4,5,6 dan 9 MST) dan diameter batang (4 MST) dan pengaruh mandiri pada parameter luas daun, berat segar brangkasan, berat kering brangkasan, berat segar ubi pertanaman, jumlah ubi pertanaman dan ukuran ubi. Pertumbuhan dan hasil ubi kentang G0 pada formulasi nutrisi Darvishi dan Varietas Papita Agrihorti dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil ubi beni lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: atas izin dosen hanya diperbolehkan upload cover dan abstrak
Uncontrolled Keywords: Hidroponik; Varietas; Kentang; Formulasi; Nutrisi; Irigasi; Granola
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Administration of Economy > Administration of Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Historical, Geographic, Person Treatment of Agriculture
Plant Injuries > Animal Pests
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Dini Andriani
Date Deposited: 15 Mar 2021 00:48
Last Modified: 15 Mar 2021 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37774

Actions (login required)

View Item View Item