Analisis perbandingan algoritma Fisher-Yates Shuffle dan algoritma Naïve Shuffle pada aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur.’an dan ilmu tajwid berbasis web

Ramdhani, Mohammad Irfan Dwi (2020) Analisis perbandingan algoritma Fisher-Yates Shuffle dan algoritma Naïve Shuffle pada aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur.’an dan ilmu tajwid berbasis web. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada zaman modern ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh setiap orang tidak terkecuali bagi seorang muslim. Seorang muslim tentu saja harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, tidak hanya membaca secara asal-asalan seperti membaca teks Arab pada umumnya. Selain harus bisa membaca, sejatinya umat islam juga harus bisa menulis huruf Al-Qur’an. Meskipun perintah menulis tidak secara terang-terangan disebutkan dalam Al-Quran tetapi aktifitas membaca dan menulis merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dengan perkembangan teknologi internet dan website, dapat dikembangkan sebauah aplikasi, aplikasi tersebut adalah aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan ilmu tajwid berbasis web. Teknologi website juga mendukung pembelajaran mengunakan kuis yang dapat memudahkan pemahaman tentang baca tulis Al-Qur’an ilmu tajwid. Dalam pembuatan pertanyaan kuis perlu adanya fungsi pengacakan untuk mengacak urutan pertanyaan. Oleh karena itu digunakanlah algoritma fisher-yates shuffle dan naïve shuffle sebagai pembandingnya. Hasil yang di dapat yaitu kedua algoritma memiliki kesimbangan yang hampir sama karena tidak hasil pengacakan yang sama pada 15 kali percobaan, sedangkan pada waktu eksekusi algoritma Fisher-Yates shuffle memiliki rata-rata 0.000131067 detik sedangkan pada algoritma naïve shuffle yaitu 0.000134706 detik, maka dari itu algoritma Fisher-Yates shuffle memiliki rata-rata eksekusi lebih cepat dengan selisih 0.000003639 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Fisher-Yates shuffle; Algoritma Naïve Shuffle; aplikasi pembelajaran;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mohammad Irfan Dwi Ramdhani
Date Deposited: 17 Mar 2021 08:50
Last Modified: 17 Mar 2021 08:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37884

Actions (login required)

View Item View Item