Pengaruh bimbingan karir berbasis life skills terhadap perencanaan karir peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Garut

Nurjaman, Rojabi (2020) Pengaruh bimbingan karir berbasis life skills terhadap perencanaan karir peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan karir merupakan salah satu komponen yang penting dalam mempersiapkan diri untuk memilih pendidikan lanjutan atau pekerjaan yang diinginkan. Perencanaan karir terdiri dari persiapan diri dan menyusun daftar pilihan karir dengan lebih baik, yang dapat dilakukan dengan cara memperbanyak informasi tentang persyaratan dunia kerja yang dibutuhkan, menambahkan keterampilan dan sebagainya. Hal ini juga berlaku bagi siswa SMA yang sudah seharusnya meniti perencanaan karir sejak dini. Oleh karena itu, selain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah pun memiliki peran penting dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mennggambarkan bagaiman proses bimbingan karir berbasis life skills di SMAN 12 Garut, kemudian menjelaskan tentang bagaimana perencanaan karir peserta didik di SMAN 12 Garut serta menganalisis seberapa besar pengaruh bimbingan karir berbasis life skills terhadap perencanaan karir peserta didik. Penelitian ini didasarkan pada dua teori, pertama yaitu teori tentang life skills yang dikemukakan oleh Marwiyah bahwa kecakapan hidup (life skills) adalah kemampuan seseorang dalam menghadapi problem hidup dan menjalani kehidupan secara wajar tanpa rasa tertekan, kemudian mencari dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapinya. Teori yang kedua yaitu tentang perencanaan karir yang dikemukakan oleh Manrihu, bahwa perencanaan karir dilakukan untuk membantu perkembangan siswa melalui bantuan kepada setiap siswa untuk memilih dan merencanakan menggunakan setiap kesempatan dan sumber kemungkinan yang tersedia di sekolah atau dalam pasaran kerja dalam masyarakat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa angket/kuesioner lewat google form. Hasil uji analisi dihitung melalui bantuan dari SPSS versi 16 dengan berbagai uji yang dilakukan yaitu Uji Correlation Pearson, Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Koefisiensi Determinasi (r2). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan karir berbasis life skills berpengaruh terhadap perencanaan karir peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisiensi determinasi (r2) yang menunjukan nilai r2 sebesar 0.872. Artinya, sebesar 87.2 % perencanaan karir dipengaruhi oleh bimbingan karir berbasis life skills. Sisanya 12,8% dipengaruhi oleh oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Life Skills; Perencanaan Karir;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rojabi Nurjaman
Date Deposited: 19 Mar 2021 00:43
Last Modified: 19 Mar 2021 00:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37918

Actions (login required)

View Item View Item