Konstruksi berita pada pemberitaan konflik Wamena: Analisis framing model Pan & Kosicki pada Tempo edisi 24 September-11 Oktober 2019

Al Furqon, Faris (2020) Konstruksi berita pada pemberitaan konflik Wamena: Analisis framing model Pan & Kosicki pada Tempo edisi 24 September-11 Oktober 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Tahun 2019 menjadi tahun yang panas di tanah paling timur di Indonesia, Papua. Tidak sepanas konflik-konflik sebelumnya yang pernah terjadi di tanah Papua, namun konflik yang terjadi di sepanjang tahun 2019 merupakan bukti bahwa konflik di Papua merupakan sebuah konflik berkepanjangan. Di tahun 2019, konflik berkepanjangan ini berpuncak pada kerusuhan di Wamena pada 24 September 2019 yang memakan 33 korban jiwa. Kerusuhan ini merupakan serangkaian dari konflik-konflik yang terjadi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana beberapa prinsip jurnalisme damai diterapkan pada pemberitaan koran dan majalah Tempo. Beberapa prinsip tersebut mengacu pada tabel prinrip jurnalisme damai yang digagas Johan Galtung. Prinsip tersebut adalah orientasi perdamaian, orientasi kebenaran, orientasi kemasyarakatan, dan orientasi penyelesaian. Teori yang digunakan untuk melihat bagaimana prinsip jurnalisme damai ini diterapkan pada pemberitaan adalah analisis framing model Pan & Kosicki Adapun paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif, yakni dengan menjelaskan dan memaparkan bagaimana prinsip jurnalisme damai diterapkan pada pemberitaan koran dan majalah Tempo menggunakan analisis framing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustak, dengan menganalisis beberapa pemberitaan mengenai konflik Wamena di koran dan majalah Tempo. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat prinsip jurnalisme damai yang diterapkan pada pemberitaan konflik Wamena di koran dan majalah Tempo. Pada orientasi perdamaian, berita yang dianalisis menghasilkan frame pengangkatan sisi lain konflik ketika warga lokal melindungi warga pendatang dari amuk massa. Pada orientasi kebenaran, ada dua berita berbeda yang dianalisis dan hasil frame yang tercipta adalah Tempo menyoroti semua pihak yang bersalah atas terjadinya konflik, baik itu dari pemerintah maupun koelompok separatis. Pada orientasi kemasyarakatan, frame yang tercipta pada berita yang dianalisis adalah perhatian besar pada jumlah pengungsi yang masif. Pada Orientasi penyelesaian, Tempo menyoroti bagaimana rekonstruksi dan rekonsiliasi pengungsi yang kembali ke Wamena.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jurnalisme damai; analisis framing; konflik
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Faris Al Furqon
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:15
Last Modified: 19 Mar 2021 03:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37973

Actions (login required)

View Item View Item