Pengembangan majalah biologi berbasis QR Code sebagai sumber alternatif belajar mandiri pada materi bakteri

Intan, Intan (2021) Pengembangan majalah biologi berbasis QR Code sebagai sumber alternatif belajar mandiri pada materi bakteri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi membuat pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, oleh karena itu pendidik atau guru membutuhkan media pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk melakukan pembelajar secara mandiri sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan majalah biologi berbasis QR code sebagai sumber alternatif belajar mandiri pada materi bakteri, menganalisis kelayakan, menganalisis uji keterbacaan dan respon siswa terhadap majalah biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develpment (R&D) dengan model 4D yang dibatasi sampai tahap 3D (define, design,develop). Penelitian dilaksanakan di SMAN 25 Garut. Subjek penelitian terdiri 20 orang peserta didik kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan uji validasi ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran, serta angket uji keterbacaan dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji validasi secara keseluruhan yaitu 82.3% dengan kategori sangat layak, hasil uji keterbacaan siswa secara keseluruhan yaitu 4,33 dengan kategori sangat baik dan hasil angket respon siswa terhadap majalah biologi berbasis QR code yaitu 81,05% dengan kategori sangat positif, dapat disimpulkan bahwa majalah biologi berbasis QR code sebagai sumber alternatif belajar mandiri pada materi bakteri sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media;majalah biologi;bakteri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Intan
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:24
Last Modified: 22 Mar 2021 04:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38048

Actions (login required)

View Item View Item