Identifikasi serangga pengunjung bunga kelapa sawit perkebunan rakyat Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara

Rahmah, Novita Awalia (2021) Identifikasi serangga pengunjung bunga kelapa sawit perkebunan rakyat Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Kelapa sawit termasuk kedalam salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis di Indonesia. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi produktivitas buah kelapa sawit adalah keberadaan serangga pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis serangga pengunjung bunga kelapa sawit jantan dan betina berdasarkan tipe habitat perbatasan serta waktu yang berbeda. Penelitian dilaksanakan di Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara selama 1 bulan yaitu dari bulan Agustus 2020 hingga September 2020. Penelitian dilakukan dengan metode Purposive Sampling, di 3 stasiun pengamatan yaitu SS (perkebunan sawit berbatasan dengan sawit), SK (perkebunan sawit berbatasan dengan karet), SG (perkebunan sawit berbatasan dengan singkong). Pengambilan sampel serangga dilakukan menggunakan teknik swap dan yellow sticky trap. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan 25 morfospesies dan 8 ordo serangga yang mengunjungi bunga kelapa sawit. Ordo tersebut antara lain Coleoptera, Dermaptera, Diptera, Hymenoptera, Hemiptera, Lepidoptera, Odonata, dan Mantodea. Total jenis serangga bunga jantan kelapa sawit lebih banyak dibandingkan dengan bunga betina yaitu sebanyak 25 morfospesies sedangkan jenis serangga pengunjung bunga betina yaitu sebanyak 5 morfospesies. Serangga yang paling banyak mengunjungi bunga jantan yaitu Elaeidobius sp (Coleoptera: Curculinoidae) sebanyak 447 individu dan Apis sp (Hymenoptera: Apidae) sebanyak 20 individu., sedangkan serangga yang paling banyak mengunjungi bunga betina yaitu Elaeidobius sp (Coleoptera: Curculinoidae) sebanyak 125 individu dan Camponotus sp (Hymenoptera: Formicidae) sebanyak 109 individu. Waktu kunjungan serangga tertinggi terjadi pada pagi hari. Tipe habitat perbatasan perkebunan kelapa sawit yang paling banyak dikunjungi serangga yaitu SS (perkebunan sawit berbatasan dengan sawit lainnya).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Atas izin dosen pembimbing hanya unggah halaman awal di setiap bab
Uncontrolled Keywords: Bunga;identifikasi;pengunjung; sawit;serangga
Subjects: Animals, Zoology, Wildlifes
Animals, Zoology, Wildlifes > Research of Animals
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Novita Awalia Rahmah
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:09
Last Modified: 22 Mar 2021 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38065

Actions (login required)

View Item View Item