Kesejahteraan buruh Home Industri Bordir dalam meningkatkan perekonomian keluarga: Penelitian tentang buruh wanita di Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya"

Pratama, Apriza Herdian (2020) Kesejahteraan buruh Home Industri Bordir dalam meningkatkan perekonomian keluarga: Penelitian tentang buruh wanita di Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian berangkat dari fenomena kesejahteraan sosial masyarakat industri yang bekerja di home industri bordir. Khusus nya pada keluarga buruh wanita masyarakat home industri di Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmlaya. Kelurahan tersebut merupakan salah satu sentral home industri bordir sehingga banyak yang bekerja di home industri bordir tersebut. Adanya home industri bordir ini mempengaruhi tingkat kesejahteraan pada keluarga buruh wanita yang bekerja. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pendapatan buruh wanita bagi keluarga setelah bekerja di home industri bordir. Untuk mengetahui resiko yang mucul pada keluarga buruh wanita yang bekerja di home industri bordir. Dan untuk Mengetahui kualitas hidup keluarga buruh wanita setelah bekerja di home industri bordir. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial dari George Casper Homans. Teori pertukaran sosial dikembangkan menjadi 3 yaitu : Pertama, Cost merupakan perilaku seseorang yang dianggap sebagai biaya entah mengahrapkan imbalan atau tidak. Kedua, Reward yaitu sebuah imbalan terhadap perilaku seseorang atau cost. Ketiga, Profit (keuntungan) yang didapat. Tiap orang mengharapkan Reward dan Profit dalam sebuah pertukaran. Teori tersebut dijadikan kerangka berfikir untuk menjadi tolak ukur dalam melihat tingkat kesejahteraan sosial. Terutama kaitannya dengan peningkatan perekonomian keluarga buruh wanita yang bekerja di home industri bordir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif ialah menggambarkan keadaan di lapangan terkait kesejahteraan buruh wanita home industri bordir dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan menggali informasi dari informan dengan menggunakan pedoman wawancara yang dibuat. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari Kepala Produksi, Staf Ahli Bidang dan Buruh/Pekerja Bordir. sedangkan data sekunder yaitu dari publikasi ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obserrvasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pendapatan buruh wanita setelah bekerja di home industri bordir cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga secara primer, sekunder dan tersier. Pekerja di home industri bordir kebanyakan wanita, sehingga berpengaruh kepada keluarga yang memunculkan beberapa resiko karena wanita yang bekerja statusnya sebagai ibu rumah tangga. Pertukaran sosial antara masyarakat industri yang bekerja sebagai buruh dengan pengusaha bordir mengasilkan sebuah keuntungan bagi keduanya. Setelah bekerja di home industri bordir kualitas hidup keluarga buruh wanita mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan; Buruh; wanita; Home Industri;.
Subjects: Labor Economics
Labor Economics > Women Workers
Labor Economics > Labor by Industry and Occupation
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Apriza Herdian Pratama
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:56
Last Modified: 22 Mar 2021 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38084

Actions (login required)

View Item View Item