Nilai-nilai spiritualitas dalam paguyuban budaya bangsa : Studi analisa terhadap aliran kepercayaan di Kecamatan Langensari

Ainurrohmah, Ira (2020) Nilai-nilai spiritualitas dalam paguyuban budaya bangsa : Studi analisa terhadap aliran kepercayaan di Kecamatan Langensari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang aliran kepercayaan Paguyuban Budaya Bangsa di sebuah Desa. Kujangsari Kecamatan Langensari yang tidak memiliki agama tetapi mempunyai keyakinan sendiri, yang mana aliran kepercayaan ini memiliki ajaran yang mengandung nilai spiritualitas dari leluhurnya. Sampai saat ini aliran kepercayaan Paguyuban Budaya Bangsa (PBB) masih ada tetapi tidak semua Desa Kujangsari mengetahui keberadaan aliran kepercayaan ini, yang awalnya masyarakat menilai dari sisi negatifnya dengan menilai bahwa aliran ini sesat, tetapi aliran kepercayaan ini masih memiliki nilai positifnya seperti puasa, mencintai alam dan lain-lain sehingga aliran ini sudah mendapat pengakuan dari pemerintah. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui bagaimana sejarah aliran kepercayaan paguyuban budaya bangsa bisa berdiri di wilayah Indonesia, sampai menciptakan suatu sistematika ajaran yang sampai saat ini masih bisa dipertahankan oleh pengikut aliran kepercayaan paguyuban budaya bangsa dan ingin mengetahui nilai-nilai spiritualitas pada kelompok aliran kepercayaan ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi ke lapangan (field research) atau mengumpulkan data-data dan penemuan bukti-bukti (library research), sedangkan data tambahannya melalui wawancara informal dan wawancara semi terstruktur dengan penghayat dan sumber tertulis dari buku sejarah dan sistematika ajaran yang dijadikan sebagai pedoman kelompok aliran kepercayaan pada Paguyuban Budaya Bangsa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti bahwa aliran kepercayaan ini bukan berasal dari Banjar melainkan pusatnya dari daerah Kebumen Yogyakarta dan sudah tiga kepemimpinan sampai saat ini, dari mulai kepemimpinan pertama dipimpin oleh Adji Tjaroko, kepemimpinan kedua dipimpin oleh Ki Bagus Hadi Kusumo dan kepemimpinan sekarang dipimpin oleh Raden Nurhadi. Di dalam suatu aliran kelompok kepercayaan Paguyuban Budaya Bangsa memiliki beberapa nilai-nilai spiritualitas dan ajaran-ajaran diantaranya: ajaran tentang tuhan menjelaskan tentang pencipta alam semesta dan kekuasaan tuhan, ajaran tentang alam semesta menjelaskan tentang kekuatan alam untuk kebutuhan manusia diantaranya untuk penyembuhan ataupun pengobatan, ajaran tentang manusia menjelaskan tentang menyeimbangkan proses kehidupan manusia di dunia antara lahir dan bathin dan ajaran budi luhur menjelaskan tentang perilaku manusia selama hidup di dunia. Pada suatu ajaran paguyuban budaya bangsa mempunyai nilai spirualitasnya masing-masing salah satunya adalah menjaga kelestarian alam di sekitar lingkungan karena alam mempunyai arti bagi kehidupan pengikut aliran paguyuban budaya bangsa, berpuasa pada hari terrtentu sesuai kebutuhan hajatnya, selalu menghormati kepada sesama manusia dan menjaga ajaran aliran kepercayaan paguyuban budaya bangsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: spiritualitas; ajaran; aliran kepercayaan paguyuban budaya bangsa
Subjects: Parapsychology and Occultism > Spiritualism
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Perbandingan Kepercayaan Aliran dan Sekte-sekte dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ira Ainurrohmah
Date Deposited: 23 Mar 2021 08:52
Last Modified: 23 Mar 2021 08:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38126

Actions (login required)

View Item View Item