Peran rutinitas Yasinan dan Diba'an kepada ketenangan hati mahasiswa : Studi kulitatif deskriptif kepada mahasiswa yang mengikuti organisasi daerah Kempaka-Keluarga Mahasiswa Pelajar Karawang

Akhmad, Robby Abdurrahman (2021) Peran rutinitas Yasinan dan Diba'an kepada ketenangan hati mahasiswa : Studi kulitatif deskriptif kepada mahasiswa yang mengikuti organisasi daerah Kempaka-Keluarga Mahasiswa Pelajar Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan rutinitas yasinan dan diba’an ini adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat disela-sela kesibukan manusia dimuka bumi ini, karena di kegiatan tersebut senantiasa selalu memberikan dampak sosiologis, ekonomis, dan spiritual bagi setiap orang. Kehidupan didunia saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi dari kesibukan-kesibukan duniawi, karena ada tuntutan manusia yang harus kita lakukan. Sehingga pikiran itu terus saja dipaksa untuk berpikir sampai pikiran ini sudah tak bisa selaras kembali dengan dirinya sendiri. Kegiatan kerohanian itu sejatinya mampu untuk memberikan sisi penyegaran untuk pikiran manusia, yaitu dengan menanamkan sisi spiritualitas dikehidupannya . Rutinitas yasinan dan diba’an menjadi salah satu diantara kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi diri, sehingga suasana hati seseorang itu akan merasakan kedamaian, ketentraman, maupun ketenangan. Ketika mampu untuk mengisi kegiatan hidup dengan kegiatan yang selalu menuntun seseorang untuk selalu mengingat-Nya, tidak bisa kita simpulkan bahwa kegiatan tersebut tidak bisa memberikan dampak positif bagi seorang manusia. Perlu tahapan pemahaman yang matang dan perlu pula untuk merefleksikan dari setiap kegiatan tersebut, untuk mendapatkan dampak positif (menenangkan suasana hati) yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran rutinitas yasinan dan diba’an terhadap ketenangan suasana hati mahasiswa di organisasi daerah KEMPAKA (Keluarga Mahasiswa Pelajar Karawang). Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil dari peran rutinitas tersebut dalam menjaga ketenangan hati mahasiswa anggota organisasi daerah kempaka tersebut. Rutinitas yang positif akan memberikan pula dampak yang positif pada diri seseorang. Dengan mengikuti saja tanpa merefleksikan setiap kegiatan itu akan lama untuk mendapatkan ketenangan yang dimaksud. Jadi akan jauh lebih efektif apabila mampu untuk merefleksikan di dalam kegiatan rutinitas kerohanian tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif, penelitian ini melibatkan 3 orang mahasiswa anggota otganisasi daerah KEMPAKA (keluarga mahasiswa pelajar karawang) yang sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Hasil dari proses penelitian ini adalah untuk menemukan adanya perubahan dalam mengatasi kekacauan yang sedang dirasakan oleh seseorang dengan menggunakan peranan rutinitas kerohanian, seperti yasinan dan diba’an tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Rutinitas Yasinan dan Diba'an; Ketenangan Suasana Hati
Subjects: Applied Psychology
Islam
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Robby Abdurrahman Akhmad
Date Deposited: 25 Mar 2021 07:40
Last Modified: 29 Mar 2021 07:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38208

Actions (login required)

View Item View Item