Solidaritas sosial mahasiswa Kembang Anggalarang dalam proses pembangunan sosial masyarakat Desa : Studi kasus di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran

Rohmawati, Nani (2020) Solidaritas sosial mahasiswa Kembang Anggalarang dalam proses pembangunan sosial masyarakat Desa : Studi kasus di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Solidaritas sosial yang terbentuk pada masyarakat tidak lepas dari adanya hubungan interaksi yang terjalin. Proses interaksi secara bersama dan dalam waktu yang cukup lama akan berdampak terhadap solidaritas individu. Adanya proses kegiatan pembangunan sosial masyarakat desa yang dilakukan Kembang Anggalarang membentuk sikap solidaritas sesama anggota. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui solidaritas sosial mahasiswa Kembang Anggalarang pada proses pembangunan sosial masyarakat desa di Desa Panyutran; Mengetahui proses kegiatan pembangunan sosial yang dilakukan Kembang Anggalarang; Mengetahui dampak proses pembangunan sosial masyarakat desa terhadap solidaritas mahasiswa Kembang Anggalarang. Penelitian ini menggunakan teori solidaritas yang dikemukakan oleh Emil Durkheim yaitu solidaritas mekanik dan organik. Dalam solidaritas mekanik dikatakan bahwa anggota masyarakat diikat oleh kesadaran kolektif, hati nurani secara kolektif yaitu adanya kesadaran bersama yang meliputi kepercayaan dan perasaan kelompok. Sedangkan solidaritas organik sebagai bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat kompleks, yaitu masyarakat telah mengenal adanya pembagian kerja secara rinci dan didalamnya disatukan oleh rasa saling ketergantungan. Perolehan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mneggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dengan dua jenis informan yaitu informan pangkal dan informan kunci, sedangkan data sekunder yaitu buku-buku, dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan wawancara mahasiswa anggota Kembang Anggalarang. Tempat penelitian dilakukan di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Hasil penelitian menunjukan adanya solidaritas sosial mahasiswa Kembang Anggalarang yang terlihat pada partisipasi anggotanya. Terdapat penggabungan diantara kedua bentuk solidaritas. Dalam hal ini Kembang Anggalarang cenderung bertipe solidaritas organik. Adanya pembagian kerja secara struktural kepanitian meliputi bidang-bidang fungsional. Adapun proses kegiatan pembangunan masyarakat desa ini meliputi kegiatan pendidikan, kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan keagamaan pada masyarakat Panyutran. Dari proses pembangunan tersebut berdampak pada solidaritas sosial anggota Kembang Anggalarang dengan adanya jiwa sosial yang tinggi, interaksi dan komunikasi serta kebersamaan anggota dalam berbagai kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Mahasiswa; Organisasi; Pembangunan Sosial;
Subjects: Social Groups > Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nani Rohmawati
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:05
Last Modified: 11 Jun 2021 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38219

Actions (login required)

View Item View Item