Nurrahman, Asih Salima (2021) Pemanfaatan instagram TV sebagai media baru dalam penyebaran berita : Studi deskriptif mengenai instagram TV pada Tribun Jabar online kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial menjadi media yang jaringannya dapat dijangkau berbagai kalangan, salah satunya adalah aplikasi Instagram menjadi aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat, Selain menjadi media untuk menyebarkan berbagai kegiatan pribadi kita yang disajikan dalam bentuk foto atau vidio, Instagram saat ini banyak digunakan oleh perusahaan, Lembaga atau instansi pemerintah sebagai media baru untuk menginformasikan atau sebagai media promosi. Begitu juga dengan media massa Tribun Jabar yang menggunakan Instagram sebagai media untuk menyebarkan berita selain melalui website dan surat kabar. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana media massa konvensional Tribun Jabar memanfaatkan media baru, yaitu media sosial Instagram khususnya fitur ig tv nya sebagai media penyebaran berita baik itu untuk media promosi dan atau mempertahankan citra dari perusahaan dimata masyarakat Jawa Barat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori difusi inovasi, teori ini menjelaskan menyalurkan informasi dengan sebuah gagasan baru atau inovasi kepada masyarakat atau komunitas. Tribun Jabar menggunakan ig tv sebagai media baru untuk menyebarkan berita kemudian masyarakat dapat mengunjungi website resmi dari Tribun Jabar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan tujuan membuat sebuah gambaran dengan mendeskripsikan atau memaparkan akun Instagram Harian Umum Tribun Jabar yang memanfaatkan fitur ig tv sebagai media penyebaran berita dalam bentuk vidio sehingga membuat berita lebih menarik di mata masyarakat. Mengumpulkan data melaui Teknik wawancara secara langsung dan daring dengan dua infroman. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan ig tv sebagai media baru penyebaran menjadi salah satu cara Tribun Jabar untuk menjaga citranya di mata masyarakat, dengan melihat peluang yang ada Tribun Jabar memanfaatkan semua jaringan media sosial untuk menyebarkan beritanya. Ig tv dari Tribun Jabar yang menyajikan berita dalam bentuk vidio kemudian dari unggahan tersebut pembaca dapat menghubungkan secara langsung dengan website dari Tribun Jabar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfataan;Instagram;Tribun Jabar;Media Baru;Inovasi |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Administration of Economy > Administration of Communications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Asih Salima Nurrahman |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 06:46 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 06:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38224 |
Actions (login required)
View Item |