Saja dan Jinas dalam mukadimah khotbah Al-Sudais dalam kitab Kaukabah Al-Khotbah Al-Munīfah Min Mimbar Al-Kabah Al-Syarīfah karya Abdurraḥmān bin Abdul Al-Azīz Sudais

Ashbaha, Farhan (2021) Saja dan Jinas dalam mukadimah khotbah Al-Sudais dalam kitab Kaukabah Al-Khotbah Al-Munīfah Min Mimbar Al-Kabah Al-Syarīfah karya Abdurraḥmān bin Abdul Al-Azīz Sudais. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Mukadimah khotbah berbahasa Arab pada dasarnya merupakan kalimat pembukaan yang berisi tentang syukur kepada Allah swt., syahadat dan sholawat kepada Nabi Muhammad saw. Namun tidak sedikit orang menyadari bahwa kalimat muqadimah berbahasa arab dalam khotbah itu dapat direkayasa oleh khatibnya agar indah terdengar oleh jamaahnya sebagaimana yang dilakukan oleh imam Al-Sudais dalam buku kumpulan khotbahnya. penelitian ini dipandang penting untuk menunjukan bahwa mukadimah khotbah dapat dicipta dengan kalimat yang indah sebagai sebuah karya sastra. Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1) menggambarkan jenis-jenis Saja’ yang terdapat dalam mukadimah khotbah Al-Sudais, dan 2) menggambarkan jenis-jenis Jinās yang terdapat dalam mukadimah khotbah Al-Sudais.Kajian tentang Saja’ dan Jinās dalam ilmu badī’ merupakan salah satu uslub yang termasuk dalam al-muhasināt lafdziyah. Akhiran kalimat dalam bahasa Arab terdapat pada salah satu kajian Ilmu Balagah Badi’ yaitu Saja’ yang bertujuan untuk mempercantik lafadz sebuah kalimat. Sedangkan kajian Jinās dibutuhkan untuk meninjau pemilihan diksi yang digunakan Sudais dalam mempercanik kalimat.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka. Data primer dalam penelitian ini adalah jenis-jenis Saja’ dan Jinās dalam mukadimah khotbah Al-Sudais yang bersumber dari kitab Kaukabah Al-Khotbah Al-Munīfah Min Mimbar Al-Ka’bah Al-Syarīfah Karya ‘Abduroḥmān Bin ‘Abdul ‘Azīz Al-Sudais. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Jenis-jenis Saja’ dalam sebelas mukadimah khotbah Al-Sudais terdapat 97 kalimat yang terdiri dari 12 jenis muraṣṣha’, 39 jenis mutawāzi, dan 46 jenis muṭarraf. (2) Jenis-jenis Jinās dalam mukadimah khotbah ‘Abduroḥmān Al-Sudais terdapat 37 kalimat yang terdiri dari 10 jinās tām dengan rincian 2 mumātsil, 3 mustaufī dan 5 murakkab. Sedangkan jenis jinās ghairu tām terdapat 27 kalimat yang terdiri dari 24 kategori al-ikhtilāf fīnau’ al-hurūf yaitu 20 muṣaḥḥaf, 3 lāḥiq dan muḍāri’ tidak ada; 1 kategori al-ikhtilāf fī ‘adad al-hurūf; 2 kategori al-ikhtilāf fī tartīb al-hurūf yaitu 1 qalbu al- kulli dan 2 qalbu al-ba’ḍi; sedangkan ketegori al-ikhtilāf fī ḍabṭi al-hurūf tidak ditemukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Saja’; Jinas; Mukadimah Khotbah;
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Farhan Ashbaha
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:36
Last Modified: 08 Apr 2021 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38240

Actions (login required)

View Item View Item