Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adhitya Mulya dan Relevansinya Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Nisa, Auliya (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adhitya Mulya dan Relevansinya Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Banyak anak-anak yang berstatus pelajar namun memiliki karakter yang tidak mencerminkan seorang pelajar, hal seperti ini bisa saja disebabkan karena kurangnya pengawasan orang tua dalam pergaulan dan penggunaan secara bebas akses teknologi. Seperti fenomena yang terjadi akhir-akhir ini seorang anak yang salah pergaulan karena mereka ingin diakui serta dianggap gaul oleh temannya sehingga mereka rela berbuat semena-mena pada temannya yang lebih lemah agar terlihat hebat. Karakter yang berkualitas harus dibentuk dan dibina sedini mungkin. Usia dini khususnya usia sekolah dasar merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang, penanaman moral melalui pendidikan karakter sejak dini merupakan kunci utama membangun bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya dan untuk mengetahui Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya bagi siswa MI. Untuk mencapai tujuan pendidikan tidak hanya terfokus pada satu komponen pendidikan saja tetapi dibutuhkan juga media dan metode pendidikan yang tepat. Salah satu media yang tepat adalah karya sastra yang merupakan bagian dari karya seni yang bermediakan bahasa. Salah satu karya sastra yang berbentuk prosa dan banyak diminati oleh berbagai kalangan adalah novel. Novel sejatinya bukan hanya sekedar bacaan, melainkan mengandung nilai-nilai manfaat bagi kehidupan manusia dan dapat memberikan pengaruh yang besar bagi pembaca baik individu maupun anggota masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian library research atau sering disebut studi pustaka. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kepustakaan dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konten (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 15 karakter yang ada didalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya ada kesesuaian antara nilai pendidikan karakter dalam novel bagi siswa MI. Sehingga novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya cocok untuk digunakan guru sebagai bahan referensi tambahan yang relevan dalam menunjang pengajaran dan penanaman nilai pendidikan karakter untk siswa MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Novel; Siswa MI
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: auliya nisa
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:27
Last Modified: 26 Mar 2021 09:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38243

Actions (login required)

View Item View Item