Pola tabligh komunitas bikers subuhan : Studi deskriptif komunitas bikers subuhan di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang

Mutaqin, Wildan Fadlila (2020) Pola tabligh komunitas bikers subuhan : Studi deskriptif komunitas bikers subuhan di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daptarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Perjalan tabligh dari masa kemasa terus berevolusi baik itu berupa inovasi-inovasi dengan penampilan dan wajah barunya, yang berjalan sesuai dengan kondisi dan waktunya. Mulai dari kemasan, cara, media, bahkan sampai kepada sosok mubalighnya yang terus melakukan perubahan dengan pola tabligh yang diterapkan baik itu dilakukan secara masing-masing atau berkelompok. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan komunitas bikers subuhan sumedang dalam menjalankan tablighnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana Pola Tabligh Komunitas Bikers Subuhan Sumedang secara lebih terperinci yang meliputi kriteria mubaligh, metode tabligh, serta media tabligh yang digunakan komunitas bikers subuhan Sumedang dalam menjalankan aktivitas tablighnya. Penelitian ini berlandaskan pada semua muslim yang mukalap diwajibkan untuk bertabligh atau menyampaikan pesan ilahiyah baik untuk dirinya sendiri atau orang lain, sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan juga Hadist. Begitupun dengan yang dilakukan komunitas bikers subuhan sumedang yang bisa konsisten menjalankan aktivitas tabligh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan memaparkan segala sesuatu yang berhubungan erat dengan masalah yang diteliti, adapun penggunaan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang fenomena sosial yang sistematis, faktual mengenai fakta-fakta yang berhubungan dengan pola tabligh komunitas bikers subuhan Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya sebuah fenomena tabligh yang khas dari bikers subuhan Sumedang. Dimana bikers subuhan Sumedang menentukan kriteria seorang mubaligh untuk mengisi kegiatan tabligh di bikers subuhan sumedang agar kegiatan tabligh bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kemudian memiliki metode tabligh sendiri seperti dengan metode sowan atau silaturahmi dan dengan melakukan kegiatan nyata sebagai metode tabligh seperti kegiatan subuhan dan bakti sosial, kemudian bikers subuhan sumedang menggabungkan media modern dan tradisional sebgai media tabligh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Tabligh; Komunitas; Bikers Subuhan Sumedang
Subjects: Islam > Da'wah
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wildan Fadlila Mutaqin
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:23
Last Modified: 26 Mar 2021 03:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38252

Actions (login required)

View Item View Item