Abdullah, Munir (2020) Nilai-nilai pendidikan agama Islam di keluarga dalam AL Qu'ran: analisis surat al Isra ayat 23-24. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan yang baik semestinya dilakukan dalam ruang lingkup yang lebih intim yakni keluarga. Dalam keluarga nilai-nilai luhur mulai ditanamkan termasuk nilai sosial, agama, budaya dan nilai hidup lainnya. Al Quran sebagai kitab suci umat Islam mengandung nilai-nilai yang mulia dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Al Quran bersifat universal sehingga menimbulkan berbagai cara pandang para alim ulama dan para mufassir ada yang memandang dari sudut hukum,sudut aqidah, sudut tasawuf, dan sudut pendidikan. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tetang nilai pendidikan Islam di keluarga dalam al Quran khusus surat al Isra ayat 23-24 yang didalamnya terkandung sikap ideal seorang anak terhadap kedua orang tuanya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran atau deskripsi bagaimana nilai pendidikan dalam keluarga, bagaimana deskripsi kandungan surat al Isra ayat 23-24, dan bagaimana nilai pendidikan Islam di keluarga yang terkandung dalam surat al Isra ayat 23-24. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penulis dan juga banyak orang. Kandungan surat al Isra ayat 23-24 membahas tentang bagaimana seharusnya sikap sorang anak terhadap kadua orang tuanya, ini memberikan gambaran keluarga ideal yang harmonis antar anggota keluarga khususnya orang tua dan anak. Begitupun, dengan pendidikan dalam keluarga yang yang menjadikan keluarga sebagai tempat pendidikan yang baik bagi seorang anak sehingga tumbuh menjadi insan yang mulia. Insan yang memegang teguh nilai-nilai luhur, berbudi baik, cerdas dan bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga seorang anak mendapatkan kebahagian di dunia dan di akhirat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif library research atau kajian kepustakaan. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab suci al quran khususnya surat al Isra ayat 23-24 dan berbagai kitab tafsir dari para mufassir. Didukung dengan sumber data sekunder dari berbagai literatur baik berupa buku, artikel, jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dalam keluarga. Karena penilitian ini menggunakan library research maka sudah semestinya teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Serta metode yang digunakan menggunakan deskriptif analitik. Dari hasil penelitian ini yakni bahwa al Quran surat al Isra ayat 23-24 mengandung nilai-nilai pendidikan Islam meliputi nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Nilai tersebut haruslah ditanamkan oleh orang tua sedini mungkin kepada anaknya dalam lingkungan keluarga. Karena, pada dasarnya orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi seorang anak. Penanaman nilai-nilai ini haruslah dimulai dari penanaman akidah sebagai sebuah inti yang nantinya menentukan arah kedepannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Islam, Keluarga |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munir Abdullah |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 09:29 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 09:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38270 |
Actions (login required)
View Item |