Fikri, Nu'man Al (2020) Hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 54 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis ketika di SMPN 54 Bandung melalui observasi, penulis mendapatkan informasi bahwa siswa disana memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dapat dilhat dari kesehariannya banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan misalnya seperti tadarus bersama seelum pembelajaran dimulai, kemudian shalat duha berjamaah setiap 3 kali seminggu, jum’at rohani, tausiah guru dan murid yang telah terjadwal sebelumnya, walau dapat dibilang pelajaran PAI hanya 2 jam diajarkan disekolah tetapi aktifitas keagamaan yang dilakukan siswa dapat terbilang aktif dilihat dari kesungguhannya dalam mengerjakannya. Namun disisi lain prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sebagian besar dapat dikatakan masih rendah. Hal tersebut menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti. terbukti 30 % siswa yang mendapatkan hasil sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan, 70 % lainnya masih dibawah rata-rata, sedangkan KKM mata pelajaran PAI di sekolah tersebut yaitu 80. Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi Kecerdasan Spiritual siswa maka semakin tinggi pula prestasi yang dicapai siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini ialah : 1) Mengetahui Kecerdasan Spiritual siswa SMPN 54 Bandung 2) Mengetahui prestasi belajar siswa SMPN 54 Bandung pada Mata pelajaran PAI 3) Mengetahui Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMPN 54 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif dengan jenis korelasi. objek penelitian, yakni kelas VIII SMPN 54 Bandung. Alat pengumpul data pada penelitian ini ialah observasi , angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh relitas bahwa : 1) Realitas Kecerdasan Spiritual termasuk kategori baik ini dilihat dari rata-rata seluruh indikator variabel X sebesar 3,62 dan berada pada interval 3,40 - 4,19. 2) Realitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk kategori sangat baik, hal ini ditunjukkan oleh rata-rata seluruh indikator variabel Y sebesar 81,28. Angka tersebut berada dalam interval 80-100. 3) Hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa, berdasarkan perhitungan dapat diketahui bahwa variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y sebesar 19,8%. Hal ini berarti masih terdapat 80,02% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spiritual; Prestasi Belajar; PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nu'man Al Fikri |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:50 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38280 |
Actions (login required)
View Item |