Dakwah keturunan rasulullah : Penelitian deskriptif kualitatif metode dakwah Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid Di Tawau Provinsi Sabah, Malaysia

Sabit, Nurzizy Binti (2021) Dakwah keturunan rasulullah : Penelitian deskriptif kualitatif metode dakwah Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid Di Tawau Provinsi Sabah, Malaysia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kelompok da’i yang aktif dalam proses dakwah, lahir dari kalangan Rasulullah atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan habib. Kumpulan habib mula aktif dalam menyebarkan dakwah islamiah pada sekitar tahun 2012 seterusnya mereka membina pengaruh dalam kalangan masyarakat. Seterusnya, info dan maklumat yang mereka sajikan pada masyarakat adalah kebanyakannya berkonsepkan sirah perjalanan Rasulullah SAW, yang tidak berat untuk dijadikan panduan dan pedoman oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode ceramah Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid dalam menyampaikan ceramahnya. Selain itu juga, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji profil Habib Ali Zaenal Abidin, untuk mengkaji pesan apa saja yang disampaikan oleh Habib Ali, untuk mengkaji Habib Ali dalam memanfaatkan media dakwahnya dan untuk mengkaji kondisi objektif mad’u dalam proses dakwah yang dilakukan oleh Habib Ali. Penelitian ini menggunakan teori yang bersesuaian dengan situasi, keadaan dan fungsi teori tersebut. Dalam kajian ini, peneliti akan menggunakan teori SMCR yaitu Source, Messsge, Channel, Receiver yang dikenalkan oleh David Kenneth Berlo pada tahun 1960. Penulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatiff. Data dikumpulkan menggunakan alat observasi dan dokumentasi. sumber data primer ini diperolehi dari ceramah Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid menggunakan beberapa kaidah pendekatan antaranya menggunakan metode dakwah bil lisan, mujadalah, muidzotil hasanahdan bil hikmah. Dari segi menyampaikan pesan ceramhnya beliau menekankan tiga hal yaitu akidah, akhlak dan fiqh. Selain itu juga, beliau menggunkan pendekatan persuasive yaitu pendekatan yang efektif dan berkesan agar dapat mempengaruhi mad’u.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: nurzizy binti sabit
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:38
Last Modified: 29 Mar 2021 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38312

Actions (login required)

View Item View Item