Mardiah, Fauziah (2020) Analisis kandungan buku sirah nabawiyah tentang suri teladan nabi muhammad saw untuk membina karakter siswa di MI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (748kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya karakter siswa yang semakin jauh dari ajaran Islam yang sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Karena Nabi Muhammad saw merupakan suri teladan yang baik. Melalui buku Sirah Nabawiyah nilai karakter Rasul dapat dipelajari dengan memahami perjalanan hidup Rasulullah. Adapun akhlak Rasulullah berpedoman pada Al-Qur’an, sehingga Rasul berakhlak agung dan Allah menjadikan Rasulullah sebagai teladan bagi umat-Nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kandungan sirah nabawiyah tentang suri teladan Nabi Muhammad saw untuk membina karakter siswa MI. Keteladanan merupakan sebuah metode pendidikan Islam yang sangat efektif yang diterapkan oleh seorang guru dalam proses pendidikan. Karena dengan adanya pendidikan, keteladanan akan mempengaruhi individu pada kebiasaan, tingkah laku dan sikap. Dalam Al-Qur,an kata teladan diproyeksikan dengan kata uswah yang kemudian diberi sifat dibelakangnya seperti sifat hasanah yang berarti baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis isi (content analysis). Jenis penelitian yang digunakan adalah library research (studi kepustakaan). Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan ada ”delapan” pilar karakter yang terkandung dalam Buku Sirah Nabawiyah yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) kerja keras,(4) tanggung jawab, (5) disiplin, (6) kreatif, (7) cinta damai, dan (8) toleransi. Sedangkan untuk membina karakter siswa MI harus menerapkan berbagai karakter tersebut kepada siswa untuk bisa memberikan suatu pengajaran yang baik terhadap siswa untuk mematuhi ajaran atau aturan yang diperintahkan. Sehingga dalam Buku Sirah Nabawiyah cocok untuk digunakan guru untuk memberikan kisah-kisah dalam buku tersebut kepada siswa MI menjadikan sebuah referensi yang baik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu dalam kandungan sirah nabawiyah tentang suri teladan Nabi Muhammad saw ditemukan suri teladan Nabi Muhammad saw yang sesuai dengan syari’at islam yaitu: religius, jujur, kerja keras, tanggung jawab, disiplin, kreatif, cinta damai, toleransi. Namun buku tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu untuk membina karakter siswa dengan menerapkan berbagai strategi ke dalam mata pelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan suri teladan Nabi Muhammad saw kepada anak MI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sirah Nabawiyah; suri teladan nabi muhammad saw; karakter siswa mi; |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fauziah Mardiah |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 05:49 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 05:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38340 |
Actions (login required)
View Item |