Analisis kandungan buku sirah nabawiyah tentang suri teladan nabi muhammad saw untuk membina karakter siswa di MI

Mardiah, Fauziah (2020) Analisis kandungan buku sirah nabawiyah tentang suri teladan nabi muhammad saw untuk membina karakter siswa di MI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya karakter siswa yang semakin jauh dari ajaran Islam yang sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Karena Nabi Muhammad saw merupakan suri teladan yang baik. Melalui buku Sirah Nabawiyah nilai karakter Rasul dapat dipelajari dengan memahami perjalanan hidup Rasulullah. Adapun akhlak Rasulullah berpedoman pada Al-Qur’an, sehingga Rasul berakhlak agung dan Allah menjadikan Rasulullah sebagai teladan bagi umat-Nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kandungan sirah nabawiyah tentang suri teladan Nabi Muhammad saw untuk membina karakter siswa MI. Keteladanan merupakan sebuah metode pendidikan Islam yang sangat efektif yang diterapkan oleh seorang guru dalam proses pendidikan. Karena dengan adanya pendidikan, keteladanan akan mempengaruhi individu pada kebiasaan, tingkah laku dan sikap. Dalam Al-Qur,an kata teladan diproyeksikan dengan kata uswah yang kemudian diberi sifat dibelakangnya seperti sifat hasanah yang berarti baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis isi (content analysis). Jenis penelitian yang digunakan adalah library research (studi kepustakaan). Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan ada ”delapan” pilar karakter yang terkandung dalam Buku Sirah Nabawiyah yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) kerja keras,(4) tanggung jawab, (5) disiplin, (6) kreatif, (7) cinta damai, dan (8) toleransi. Sedangkan untuk membina karakter siswa MI harus menerapkan berbagai karakter tersebut kepada siswa untuk bisa memberikan suatu pengajaran yang baik terhadap siswa untuk mematuhi ajaran atau aturan yang diperintahkan. Sehingga dalam Buku Sirah Nabawiyah cocok untuk digunakan guru untuk memberikan kisah-kisah dalam buku tersebut kepada siswa MI menjadikan sebuah referensi yang baik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu dalam kandungan sirah nabawiyah tentang suri teladan Nabi Muhammad saw ditemukan suri teladan Nabi Muhammad saw yang sesuai dengan syari’at islam yaitu: religius, jujur, kerja keras, tanggung jawab, disiplin, kreatif, cinta damai, toleransi. Namun buku tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu untuk membina karakter siswa dengan menerapkan berbagai strategi ke dalam mata pelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan suri teladan Nabi Muhammad saw kepada anak MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sirah Nabawiyah; suri teladan nabi muhammad saw; karakter siswa mi;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fauziah Mardiah
Date Deposited: 31 Mar 2021 05:49
Last Modified: 31 Mar 2021 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38340

Actions (login required)

View Item View Item