Nurasiah, Siti (2020) Tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar hubungannya dengan hasil belajar mereka pada bidang studi Al-Qur’an hadis : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MA Al-Jawami Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak pada studi pendahuluan yang dilaksanakan di MA Al-Jawami Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dengan pendekatan observasi dan wawancara, menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang kurang intensif mendapatkan bimbingan belajar dari orang tuanya yang kemudian berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar (2) Hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis (3) Hubungan antara keduanya (tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar hubungannya dengan hasil belajar mereka pada bidang studi Al-Qur’an Hadis di MA Al-Jawami Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Secara umum bahwa bimbingan orang tua dalam belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Bimbingan orang tua dalam belajar dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena semakin sering siswa dibimbing dalam belajar maka semakin baik pula hasil belajarnya pada bidang studi Al-Qur’an Hadis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Menurut (Sugiono, 2017, hal. 8), Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen penelitian. data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif atau inferensial sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang dirumuskan terbukti atau tidak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar siswa diperoleh hasil rata-rata 3,34. Angka tersebut berada pada interval 2,60-3,39, menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar dikategorikan cukup. (2) Realitas hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis diperoleh hasil rata-rata 77,07. Angka tersebut berada pada interval 70-79. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis dikategorikan baik. (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis adalah: (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori sedang, dengan hasil anlisis sebesar 0,49 (b) Hipotesisnya diterima, yang berarti terdapat hubungan yang positif signifikan antara tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dalam belajar dengan hasil belajar mereka pada bidang studi Al-Qur’an Hadis di kelas XI MA Al-Jawami Bandung berdasarkan perolehan hasil analisis yaitu thitung 4,27 > t tabel 2,001. (c) Derajat pengaruh variabel pertama terhadap variabel kedua sebesar 24%. Angka tersebut mengisyaratkan bahwa pengaruhnya kecil. yang berarti sebesar 76% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan siswa; Bimbingan orang tua dalam belajar; Hasil belajar; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Nurasih |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 06:50 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 06:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38351 |
Actions (login required)
View Item |