Peran Dinas Kebersihan dalam meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah : Studi deskriftip di Desa Hegarsari 1 kecamatan Kadungora Kabupaten Garut

Hadya, Akram Miftahul (2020) Peran Dinas Kebersihan dalam meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah : Studi deskriftip di Desa Hegarsari 1 kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Produksi sampah yang kian hari-kian meningkat, tanpa dibarengi dengan pengelolaan sampah yang baik semakin memperparah permasalahan sampah diindonsesia tak terkecuali didesa hegarsari 1. Salah satu solusi awal untuk memecahkan permasalahan sampah adalah dengan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. Hal ini dilakukan oleh dinas kebersihan di desa hegarsari 1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Dinas Kebersihan Dalam Meningkatkan Kesadaran pengelolaan sampah. norma dan peraturan dinas kebersihan dalam meningkatkan kesadaran pengeloaan sampah di desa hegarsari 1, konsep yang dilakukan oleh dinas kebersihan kab garut dalam meningkatkan kesadaran pengeloaan sampah, perilaku masyarakat dalam meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah di hegarsari. Penelitian ini menggunakan teori peran dari levinson. Dalam teori ini dijelaskan norma-norma yang dihubung kan dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Peranan adalah konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Dinas Kebersihan Dalam Meningkatkan Kesadaran pengelolaan sampah. Pemerintah desa hegarsari 1 dalam meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan norma atau peraturan yang menitik beratkan kepada kepedulian lingkungan yang berkonsepkan akan tanggung jawab terhadap sampah rumah tangganya sendiri. Perilaku masyarakat berubah menjadi memilah dan memilih sampah organic dan anorganik. Sampah anorganik berupa botol dan kardus dijual sedanglkan sampah organic mejadi pupuk bagi tanaman pelarangan rumah dan perkebunan. secara umum maka dapat disimpulkan bahwa Peran Dinas Kebersihan Dalam Meningkatkan Kesadaran pengelolaan sampah bisa dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Dinas Kebersihan ; kesadaran ; Pengelolaan Sampah
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Akram Miftahul Hadya
Date Deposited: 30 Mar 2021 00:20
Last Modified: 30 Mar 2021 00:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38375

Actions (login required)

View Item View Item