Pesan dakwah tentang hijab dalam poster media sosial : Analisis semiotika Roland Barthes pada poster akun instagram @zoyacosmetics

Hawa, Siti (2020) Pesan dakwah tentang hijab dalam poster media sosial : Analisis semiotika Roland Barthes pada poster akun instagram @zoyacosmetics. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Melihat perkembangan zaman sekarang yang beriringan dengan perkembangan teknologi dan informasi, dakwah telah memasuki beragam perkembangan media informasi yang dalam hal menyampaikan pesan sangat cepat dan efektif, salah satunya yaitu melalui media sosial. Salah satu media sosial yang sedang marak diakses oleh masyarakat adalah Instagram. Instagram bisa dengan mudah diakses melalui smartphone, pc maupun gadget lainnya. Konten utama pada media sosial instagram adalah berbagi foto maupun video. Salah satu produk yang memiliki nilai dakwah dalam poster dan menyebarkannya melalui media sosial Instagram adalah Zoya, melalui akun Instagram @zoyacosmetics. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pesan dakwah pada poster yang diunggah oleh akun Instagram @zoyacosmetics periode 2019-2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes yang dikenal dengan konsep analisisnya mengkaji tentang makna atau simbol dalam bahasa atau tanda untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos yang bergantung pada konteks tertentu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui makna dari tanda-tanda yang ada dalam postingan akun Instagram @zoyacosmetics yang meliputi makna denotasi (makna yang sebenarnya) makna konotasi (makna lain yang tersirat) yang disebut signifikansi tahap pertama dan makna aspek lain dari penandaan yakni mitos yang dianggap dapat mengenali tanda dalam pesan yang tersembunyi pada postingan akun Instagram @zoyacosmetics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @zoyacosmetics selain bertujuan untuk memasarkan produknya di Instagram, memiliki makna lain dalam pesan dakwah yang disampaikan melalui postingan posternya pada periode 2019-2020 yang dibagi menjadi tiga makna yakni makna denotasi keseluruhan yaitu menggambarkan fenomena yang terjadi di masyarakat terutama tentang perempuan berhijab. Dengan ilustrasi gambar yang unik dan estetik, yang dipadukan dengan warna-warna yang kuat membuat postingan menjadi lebih menarik. Makna konotasi keseluruhan dalam gambar yakni menggambarkan bahwa dalam satu postingan poster dapat dipahami tidak hanya melihat makna nyata dari ekspresi dan gestur tubuh yang ditunjukkan tetapi ada makna lain yang tersirat. Makna mitos keseluruhan yakni makna mitos yang berkaitan dengan pandangan masyarakat tentang perempuan berhijab. Poster akun Instagram @zoyacosmetics ini mencoba menghapus storytype bahwa perempuan berhijab tidak boleh melakukan ini – itu, dan menunjukkan bahwa semua perempuan bisa menjadi apa yang mereka mau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Poster; Instagram; Semiotika;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Hawa
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:18
Last Modified: 30 Mar 2021 02:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38405

Actions (login required)

View Item View Item