Rancang bangun pengendali kecepatan motor induksi tiga fasa berbasis Ti C2000 pada sepeda listrik

Irawan, Tedi (2020) Rancang bangun pengendali kecepatan motor induksi tiga fasa berbasis Ti C2000 pada sepeda listrik. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Sepeda dengan penggerak motor induksi tiga fasa merupakan kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh rotor motor induksi dan baterai sebagai power utama. Motor induksi tiga fasa adalah salah satu jenis motor listrik yang umum digunakan di dalam perangkat kelistrikan baik di perindustrian maupun domestik. Pada penggunaannya sendiri, motor induksi tiga fasa memiliki beberapa batasan, salah satunya adalah motor induksi tidak mampu beroperasi sendiri pada kecepatan yang berubah-ubah. Oleh karena itu diperlukan suatu pengendali kecepatan untuk mengatur kecepatan motor induksi tiga fasa. Terdapat beberapa cara untuk mengendalikan kecepatan motor induksi tiga fasa, salah satunya yaitu dengan mengatur tegangan yang masuk ke terminal stator. Scalar control atau v / f control merupakan metode dimana kecepatan motor induksi dikendalikan dengan mengatur nilai besaran dan frekuensi tegangan stator sedemikian sehingga memenuhi profil yang diinginkan dimana flux di dalam motor tetap terjaga dalam keadaan steady-state atau stabil. Motor induksi tiga fasa bisa diaplikasikan dalam metode scalar control dengan daya 3 HP, seperti pada pengujian frekuensi 5 Hz terlihat delay tegangan 35,2 V. Kinerja dari sistem kontrol motor induksi tiga fasa yang diaplikasikan pada sepeda listrik bisa digunakan dengan baik hal itu terlihat ketika pedal gas sebagai pengatur gas pada sepeda listrik bisa digunakan dengan smooth.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motor Listrik, TI C2000, Sepeda Listrik, Elektronika Daya
Subjects: Electricity > Theories of Electricity
Electricity > Electrodinamics, Electric Current
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Tedi Irawan
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:31
Last Modified: 30 Mar 2021 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38413

Actions (login required)

View Item View Item