Praditia, Sabila (2020) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Ushul Fiqih hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka : Penelitian pada siswa kelas XI MA Al Muhajirin Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di MA Al Muhajirin bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual cukup bagus, namun di sisi lain masih terdapat atau masih banyak siswa yang hasil belajar kognitifnya rendah. Dengan demikian masih adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual dengan hasil belajar kognitif mereka di sekolah. Hal ini menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui realita tanggapan siswa MA Al Muhajirin kelas XI terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Ushul Fiqih, (2) Mengetahui realita hasil belajar kognitif siswa MA Al Muhajirin kelas XI pada mata pelajaran Ushul Fiqih, (3) Mengetahui realita hubungan antara tanggapan siswa MA Al Muhajirin kelas XI terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Ushul Fiqih dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran audio visual. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya dibagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual termasuk kategori cukup. Berdasarkan nilai rata-rata 2,72 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ushul Fiqih termasuk pada kategori cukup berdasarkan nilai rata-rata 41 yang berada pada interval 0 – 49. (3) Hubungan variabel X dengan variabel Y (a) Koefisien korelasinya termasuk sangat tinggi dengan nilai korelasi 0,96. (b) Hipotesisnya diterima, semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka. Hal itu berdasarkan pengujian hipotesis yaitu Tℎ
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio visual media; cognitive learning outcomes; correlation; responses |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Education, Research Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd Sabila Praditia |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 04:27 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38416 |
Actions (login required)
View Item |