Pengembangan bahan ajar berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) pada materi Plantae : Penelitian Research and Development (R&D) pada siswa kelas X di MA Ar – Rosyidiyah Bandung

Rohandi, Andi (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) pada materi Plantae : Penelitian Research and Development (R&D) pada siswa kelas X di MA Ar – Rosyidiyah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran harus ditunjang oleh ketersediaan komponen belajar, salah satunya ialah bahan ajar. Bahan ajar diperlukan untuk menunjang dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sehingga dapat mencapai tunjuan pembelajaran. Agar dihasilkan produk bahan ajar yang baik maka perlu dilakukan pengembangan bahan ajar. Tujuan penulisan ini ialah mengembangkan bahan ajar berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) pada materi plantae, sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid. Metode penulisan yang digunakan ialah Research and Development (R&D) melaui tahapan define, design,dan development (3-D). Adapun instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data ialah lembar uji validasi bahan ajar berbasis ADI, tes keterampilan argumentasi, dan angket respon siswa terhadap bahan ajar berbasis ADI. Hasil penulisan menyatakan bahwa bahan ajar berbasis ADI yang telah dikembangkan dikategorikan valid dengan perolehan persentase aspek kelayakan isi sebesar 76%, aspek penyajian 75%, aspek kebahasaan 87%, dan aspek kegrafikan 76%, maka keseluruhan yang diperoleh sebesar 77%. Analisis ketercapaian indikator keterampilan argumentasi, diperoleh hasil untuk indikator claim sebesar 100% yang berarti seluruh siswa menyajikan claim pada setiap jawaban. Selanjutnya indikator data diperoleh hasil 54%, indikator warrant 36%, indikator backing 31%, indikator qualifier 56%, dan indikator rebuttal 31%. Secara keseluruhan, persentase ketercapaian indikator argumentasi ialah 51% yang terkualifikasi “sedang”. Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis ADI terkualifikasi sedang dengan mendapatkan nilai 3,10.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Pengembangan; Model ADI; Plantae
Subjects: Argument and Persuasion
Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Rohandi
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:42
Last Modified: 30 Mar 2021 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38427

Actions (login required)

View Item View Item