Shaprina, Yeni (2020) Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan di SMPN 46 Bandung, bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif matematis menyebabkan perlu mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif matematis. Faktor daya juang siswa (Adversity Quotient) dalam menyelesaikan masalah juga berkaitan erat dengan keberhasilan siswa menyelesaikan masalah serta perlu diketahui kendala yang dihadapi siswa ketika mengerjakan soal kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient yaitu siswa dengan tipe Climber, Camper, Quitter, serta menganalisis kendala yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif, khususnya pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII-G di SMP Negeri 46 Bandung. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (a) siswa tipe Climber dan Camper dengan kemampuan tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif matematis; (b) siswa tipe Climber dengan kemampuan sedang, mampu mengidentifikasi masalah, mendeskripsikan masalah, mengevaluasi dengan benar tetapi tidak lengkap, serta mampu membuat kesimpulan; (c) siswa tipe Camper dengan kemampuan sedang memenuhi semua indikator tetapi tidak lengkap; (d) siswa tipe Quitter, mampu mengidentifikasi masalah namun tidak lengkap, tidak mampu mendeskripsikan masalah, mengevaluasi, dan tidak menuliskan kesimpulan dari hasil yang diperolehnya. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa siswa tipe Climber memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif, siswa tipe Camper memenuhi semua indikator tetapi tidak lengkap, dan siswa tipe Quitter hanya mampu mengidentifikasi masalah namun tidak lengkap. Diantara kendala yang dihadapi siswa ketika mengerjakan soal kemampuan berpikir reflektif matematis yaitu, siswa kesulitan untuk memahami soal soal cerita, siswa tidak mengetahui rumus apa yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah, siswa tidak mengetahui masalah yang dibicarakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis; Adversity Quotient; Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Yeni Shaprina |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 06:20 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38489 |
Actions (login required)
View Item |