Pengaruh intensifikasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) terhadap penerimaan pajak di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis

Rahayu, Annisa Lulu (2021) Pengaruh intensifikasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) terhadap penerimaan pajak di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah merupakan pajak yang bersifat objektif yang artinya bahwa besarnya pajak yang terutang ditentukan oleh keadaan objeknya yaitu bumi (tanah) dan/atau bangunan. Kondisi dan keadaan dari subjek pajaknya (siapa yang menjadi penanggung atau pembayar PBB) tidak ikut dalam menentukan besarnya pajak terutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aspek psikologis, aspek yuridis dan pengaruh simultan aspek psikologis dan aspek yuridis wajib pajak terhadap peningkatan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di kantor Kecamatan Panawangan. Peneliti menggunakan teori intensifikasi pemungutan pajak dari Chaizi Nasucha dalam variabel independen (X) yang memiliki dua dimensi yang berperan penting yaitu aspek psikologis (x1) dan aspek yuridis (x2). Aspek psikologis ini berupa penyuluhan, pelayanan dan pemeriksaan pajak. Aspek yuridis berupa pendaftaran WP, pelaporan SPT, perhitungan pajak dan pembayaran pajak. Sedangkan variabel dependen (Y) peneliti menggunakan teori dari Agus Dharma yang memiliki 3 dimensi yaitu kualitas, kuantitas dan waktu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pada wajib pajak orang pribadi di Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Hasil analisis data dalam penelitian ni diketahui bahwa variabel aspek psikologis (x1) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak (Y) dengan nilai t hitung sebesar 8,168. Variabel aspek yuridis (x2) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak (Y) dengan nilai t hitung sebesar 2,176. Variabel aspek psikologis (x1) dan aspek yuridis (x2) secara simultan berpangaruh terhadap penerimaan pajak (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 89.068. Dari hasil output koefisien determinasi sebesar 64% sedangkan sisanya 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aspek Psikologis; Aspek Yuridis; Penerimaan Pajak.
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Public Finance > Income Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annisa Lulu Rahayu
Date Deposited: 05 Apr 2021 02:48
Last Modified: 05 Apr 2021 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item