Perkembangan Pondok Pesantren sekolah darussalam Narathiwat (selatan Thailand) pada tahun 1961-2015

Waesuemae, Ridduwan (2021) Perkembangan Pondok Pesantren sekolah darussalam Narathiwat (selatan Thailand) pada tahun 1961-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
caver (1).pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
bab 1 (1).pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PSTAKA (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Sekolah Darussalam di Wilayah Narathiwat merupakan salah satu lembaga pengembangandakwah islam yang berada diwilayah Narathiwat. Dalam mwlaksanakan kegiatan dakwah ini, seorang kyai dituntut dapat mengayomi dan mengarahkan masyarakat, dengan memberi waktu dan materi dakwah yang akan disampaikan yang berperang untuk berusaha menanamkan ajaran yang sesuai dengan AL-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran sejarah awal bangun pondok pesantren di Patani dan perkembangan Pondok Pesantren Sekolah Darussalam dan bagaimana perkembangan agama, sosial, dan budaya di masyarakat Pondok Pesantren Sekolah Darussalam di Narathiwat (Selatan Thailand) pada tahun 1961-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode sejarah (historis) yaitu setiap peristiwa berkaitan dengan peritiwa lain yang mendahuluinya. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sekolah Darussalam Naratiawat mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berbagai kemajuan telah banyak dicapai sejak dirikannya, yakni dari tahun 1892 sampai dengan tahun 2015. Mengungkapkan bahwa pondok pesantren dapat perkembang dengan pesat dari tahun ke tahun tanpa meninggal kan kebiasaan lama pondok pensantren, dari keduanya mendapatkan keseimbangan sebagai wadah pendidikan agama Islam. Berbagai berubahan terjadi secara alamiah dengan mengikuti trend pondok pesantren lainnya, dengan mulai dibuka berbagai sekolah formal dan didirikannya sebuah yayasan pesantren sebagai badan hukum untuk keperluan formal pesantren. Kepemimpinan kolektif digunakan dalam pesantren tersebut, namun semua pendapat yang akan dilakukan di pesantren harus disetujui oleh dewan musyawarah pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan; Pondok pesantren;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ridwan Weasuemae
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:18
Last Modified: 06 Apr 2021 05:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38549

Actions (login required)

View Item View Item