Analisis Pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Assets (ROA) terhadap Kinerja Keuangan (Return On Equity) pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2007-2018

Agustina, Yuni (2020) Analisis Pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Assets (ROA) terhadap Kinerja Keuangan (Return On Equity) pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2007-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan dalam laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk seperti permasalahan yang ada dalam Current Ratio (CR), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE). Dimana nilai Return On Assets (ROA) setiap tahunnya mengalami penurunan yang artinya kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba cenderung menurun, begitupun diikuti oleh Return On Equity (ROE) yang kurang mampu dalam menghasilkan profit setelah pajak dengan memanfaatkan equitas (modal sendiri) yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kinerja keuangan berdasarkan analisis current ratio dan return on assets pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2007-2018. Untuk Current Ratio (CR), peneliti menggunakan teori dari Kasmir. Sedangkan untuk Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) peneliti menggunakan teori dari Sutrisno. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode verifikatif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan laporan keuanan tahunan yang ada di www.idx.co.id dan data yang digunakan data sekunder. Pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F dengan menggunakan program SPSS versi 20 untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Current Ratio dan Return On Assets terhadap Return On Equity. Dari hasil penelitian ini Current Ratio memiliki pengaruh negatif dan signifikan. Hal tersebut ditunjukan dari hasil data statistik uji T yaitu perbandingan nilai Thitung adalah sebesar -3,901 sedangkan nilai Ttabel yaitu sebesar 2,228 maka dapat diketahui Thitung < Ttabel atau 3,901 < 2,228 berarti H0 ditolak atau jika melihat taraf signifikansinya dimana taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 0,05 dan nilai signifikansi dari output SPSS adalah 0,004 sehingga nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Return On Assets memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hal ini terlihat dari nilai thitung adalah sebesar 3,998 sedangkan nilai Ttabel yaitu sebesar 2,228. Hal tersebut berarti menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel atau 3,998 > 2,228. Dengan nilai Thitung yang kurang dari Ttabel maka dapat diartikan sesuai hipotesis yang telah ditentukan sebelumnya bahwa Ha berada didaerah penerimaan sedangkan H0 ada di daerah penolakan yang artinya adalah terdapat pengaruh signifikan antara Return On Assest (ROA) dengan Return On Equity (ROE) pada PT. Indofood Suses Makmur Tbk. dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari Current Ratio dan Return On Assets terhadap Kinerja Keuangan. Hal ini terlihat dari hasil olah data menggunakan SPSS dapat dilihat nilai Fhitung pada kolom F yaitu sebesar 10.892. Dan apabila dibandingkan dengan nilai Ftabel yaitu sebesar 4,262 maka jelas bahwa Fhitung > Ftabel atau 10.892 > 4,262 sehingga H0 ditolak artinya koefisien regresi signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Return On Assets; Kinerja Keuangan
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Yuni Agustina
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:12
Last Modified: 08 Apr 2021 15:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38597

Actions (login required)

View Item View Item