Auliah, Anisa Nurul (2021) Keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
Abstract
Kelamin Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dan menganalisis kendala siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menjawab soal materi struktur dan fungsi tumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif metode survey tipe cross-sectional. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII dengan jumlah 105 orang siswa yang terdiri dari 50 siswa laki-laki dan 55 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) siswa laki-laki 36,74 sedangkan perempuan 46,25 dan nilai modus siswa laki-laki 33,00 sedangkan perempuan 42,00. Berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis, siswa laki-laki memiliki kelemahan pada indikator menyimpulkan sedangkan perempuan pada indikator strategi dan taktik. Siswa laki-laki dan perempuan memiliki nilai tertinggi yang sama pada indikator memberikan penjelasan lebih lanjut. Kendala siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menjawab soal materi struktur dan fungsi tumbuhan yaitu siswa kesulitan dalam memahami kata-kata asing yang terdapat pada soal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Dari semua indikator berpikir kritis, nilai siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis ; jenis kelamin ; materi struktur dan fungsi tumbuhan |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Anisa Nurul Auliah |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 04:21 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 04:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38599 |
Actions (login required)
View Item |