Persepsi Masyarakat terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif tentang Kurangnya Minat Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Pemuda dan Pemudi Kampung Pungkur Loji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung).

Deni Gustian, Deni (2016) Persepsi Masyarakat terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif tentang Kurangnya Minat Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Pemuda dan Pemudi Kampung Pungkur Loji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di masyarakat dan budaya. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sehingga pendidikan mempunyai misi seluruh aspek dengan dinamika hidup manusia serta perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidupnya. Hal ini menunjukan bahwa masalah pendidikan adalah dinamis, dengan kata lain pendidikan mempunyai nilai-nilai eksistensi selalu mengikuti perubahan jaman. Akan tetapi tidak di kampung Pungkur loji, minimnya pengetahuan tentang pendidikan berakibat kepada kurangnya minat masyarakat terhadap pendidikan terutama Perguruan Tinggi, maka dari itu timbulah persepsi masyarakat yang menganggap pendidikan itu tidak terlalu penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana Realitas Pendidikan di Kampung Pungkur Loji (2) Faktor apa saja yang menyebabkan Rendahnya Pendidikan perguruan Tinggi di Kampung Pungkur Loji (3) seberapa besar peran Pemerintah dalam menyikapi Rendahnya Pendidikan di Kampung Pungkur Loji. Penelitian ini menggunakan Teori Partisipasi Windy Novia yang di dalamnya melihat sejauh mana pengambilan bagian atau pengikutsertaan masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. sehingga mencapai keharmonisan dan menuju ke perubahan yang lebih baik untuk menanggulangi permasalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Data ini dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung data-data di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya minat terhadap pendidikan perguruan tinggi pada pemuda dan pemudi dikarenakan oleh himpitan ekonomi, serta faktor lingkungan yang dimana banyaknya pengangguran, penggunaan minuman keras di kalangan masyarakat dan pemuda, dan banyaknya pernikahan diusia dini yang mengharuskan masyarakat untuk bekerja sehingga lupa akan kewajibannya untuk terus belajar. Untuk peran pemerintah penulis merasa bahwa pemerintah kurang dalam penanggunangan terhadap permasalahan pendidikan, Pemerintah desa khususnya tidak menyikapi permasalahan di pungkur loji dengan sungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat; Pendidikan Tinggi; Teori Partisipasi
Subjects: Communities > Community Sociology
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:19
Last Modified: 13 Jun 2017 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item