Ramli, Ai Nopi Sopia (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis model Focus, Explore, Reflect, And Apply (FERA) terhadap HOTS siswa pada materi sistem peredaran darah. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran di abad 21 menuntut adanya pembelajaran yang bermutu untuk memberikan fasilitas bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu fasilitas yang dapat dikembangkan diantaranya perangkat pembelajaran berupa bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu dilakukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan berbasis model Focus, Explore, Reflect, And Apply (FERA) terhadap HOTS yang diharapkan mampu menjawab permasalahan dan menghasilkan bahan ajar yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis model Focus, Explore, Reflect, and Apply (FERA) terhadap HOTS siswa pada materi sistem peredaran darah, Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) melalui tahapan define, design, dan development (3-D). Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data berupa lembar uji validasi bahan ajar, lembar uji keterbacaan siswa, soal test berorientasi HOTS, dan lembar respon siswa terhadap bahan ajar. Penelitian ini dilakukan di MA Assuruur Bandung dengan menggunakan sampel 15 orang siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar berbasis Model Focus, Explore, Reflect, And Apply (FERA) terhadap HOTS siswa yang telah dikembangkan dikategorikan valid dengan persentase 93%, kemampuan HOTS siswa setelah diterapkan bahan ajar mengalami perubahahan dilihat dari rata-rata pretest siswa sebesar 47 dan postest siswa 87 dan respon siswa terhadap bahan ajar dikategorikan baik dengan persentase 88%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis model Focus, Explore, Reflect, And Apply (FERA) terhadap HOTS dikategorikan valid, mampu meningkatkan keterampilan HOTS siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; FERA; HOTS; Pengembangan; Sistem Peredaran Darah; |
Subjects: | Education Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ai Nopi Sopia Ramli |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 06:19 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 06:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38633 |
Actions (login required)
View Item |