Proposal Penelitian Untuk Tahun 2022

Rusdiana, A. and Hidayat, Ara (2021) Proposal Penelitian Untuk Tahun 2022. Project Report. Pusat Penelitian dan Penerbitan (LPPM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
001-B5 Prop Pemasaran PT Penelitian 2022 -dg Pa Ara 8 april-2.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Salah satu isu yang paling krusial dalam globalisasi pendidikan tinggi adanya “tuntutan kualitas dan kemampu bersaing untuk mencapai keunggulan kompetitif” kenyataan tersebut menunjukkan bahwa persaingan yang keras dan terbuka di lembaga pendidikan menjadikannya harus berfikir ulang cara mempromosikan lembaga agar bisa dapat mencapai keunggulan kompetitif, pada situasi persaingan yang lebih baik. Kesemuanya efektif dan efisien tergantung ceruk pasar yang dibidik. Melihat kenyataan tersebut Perguruan Tinggi (PT), dalam menawarkan jasanya pada calon mahasiswa, perlu mempertimbangkan penawaran berbasis pada superior value (nilai keunggulan). Selain itu perlu dipikirkan pula hal-hal yang berkaitan harga, reputasi, lokasi dan program studi yang ditawarkan. Marketing pendidikan merupakan marketing bidang jasa yang sangat berbeda dengan marketing barang. Perguruan tinggi semestinya sudah tidak kaku lagi kaitannya dengan pangsa pasarnya yang terbatas pada konsumen fanatik, tetapi harus meluas pada konsumen potensial. Disinilah diperlukan pemahaman atas bauran marketing yang ditawarkan Jonathan Ivy (2008), merupakan seperangkat alat pemasaran terkontrol untuk digunakan institusi PT., guna menghasilkan respons dan atensi yang diinginkan dari berbagai target pasarnya (calon mahasiswa). Respon dan atensi calon mahasiswa akan menjadi aset PT, yang sangat urgent dan penting. Perannan ini, akan maksimal jika dikelola dan dikembangkan dengan baik. Atas dasar itu, maka fokus permasalahan penelitian ini teletak pada; “Bagaimana manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Menuju Keunggulan Kompetitif Globalisasi Pendidikan, yang diimplentasikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Kopertais Wilayah II Jawa Barat”? Untuk menjawab permasalahan pada Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Menuju Keunggulan Kompetitif Globalisasi Pendidikan, yang diimplentasikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Kopertais Wilayah II Jawa Barat, perlu dicarikan faktor-faktor kritis yang dapat mengoptimalisasikan Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi di PTKIS.

Item Type: Monograph (Project Report)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. A. Rusdiana
Date Deposited: 08 Apr 2021 19:50
Last Modified: 08 Apr 2021 19:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38648

Actions (login required)

View Item View Item