Pengaruh Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi terhadap Organisasi Muhammadiyah pada 1903 - 1923

Samsudin, Samsudin and Muthmainah, Fathia Aidah (2021) Pengaruh Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi terhadap Organisasi Muhammadiyah pada 1903 - 1923. Seri Penulisan Sejarah Perspektif Mahasiswa (8). Pusbangter, Jatinangor, pp. 17-31. ISBN 978-623-6004-03-6

[img]
Preview
Text (Peran Tokoh Untuk Indonesia)
Seri 8 Peran Tokoh untuk Indonesia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kehidupan atau perjalanan hidup seorang tokoh terkemuka yaitu Kyai Ahmad Dahlan, sebagai sosok pembaharu pemikiran dalam bidang agama, pendidikan, dan sosial. Namun dalam hal ini penulis lebih kepada mendeskripsikan bagaimana perjalanan hidup Kyai Haji Ahmad Dahlan dan peranan nya pada Bidang Pendidikan. Dan metode yang digunakan ialah metode “deskripsi kualitatif”. Melalui metode penelitian ini, maka akan menghasilkan data-data yang akurat. Dan dengan begitu kita bisa mengetahui bagaimana Perjalanan kehidupan yang dilalui oleh setiap orang bukanlah hal mudah dan tentu berbeda-beda jalannya. Melihat dari perjalanan tokoh Kyai Haji Ahmad Dahlan ini dalam menghidupi keluarganya, ketika ditinggalkan oleh kedua orangtuanya, semangat berdagangnya dan dalam memperjuangkan syiar-syiar Islam menjadi sebuah fakta sejarah melalui gagasan-gagasan nya yang disampaikan lewat jalan dakwah yang awalnya dilakukan di tempat tinggalnya, hingga beliau mendirikan sebuah organisasi Muhammadiyah.Dan peran Kyai Haji Ahmad Dahlan dalam Bidang Pendidikan hingga beliau bertekad dengan penuh keyakinan untuk mendirikan sekolah-sekolah dapat terwujud.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: perjalanan kehidupan; sejarah; biografi; peran pendidikan
Subjects: Islam
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dr Samsudin Samsudin
Date Deposited: 12 Apr 2021 00:32
Last Modified: 12 Apr 2021 00:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38668

Actions (login required)

View Item View Item