Kharisma, Fikynindita Ika (2020) Penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas zat padat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (734kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran fisika adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ia miliki. Salah satu potensi yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) materi elastisitas zat padat. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN Jatinangor, dengan sampel dua kelas yakni XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu CoRe, PaP-eRs, AABTLT with SAS dan soal keterampilan proses sains. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata efektivitas proses pembelajaran di kelas eksperimen adalah 74% dengan kategori efektif dan rata-rata efektivitas proses pembelajaran di kelas kontrol adalah 72% dengan kategori efektif. Rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol adalah 0,33 dengan kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t diperoleh hasil pretest menunjukkan nilai sig (2-tailed) > 0,05 sehingga Ho diterima atau Ha ditolak sedangkan pada posttest menunjukkan nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak atau Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan proses sains; Pedagogical Content Knowledge (PCK); CoRe; PaP-eRs |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fikynindita Ika Kharisma |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 07:18 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38730 |
Actions (login required)
View Item |