Awaludin, Restu Muhazir (2020) Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ciparay diperoleh informasi, bahwa penelitian ini di latar belakangi oleh masalah pada motivasi kerja guru baik pada dimensi internal maupun eksternal. Penyebab dari kurangnya motivasi kerja guru disebabkan karena kurang optimal kepala madrasah dalam memimpin. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga. Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah, bagaimana motivasi kerja guru dan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah, mengetahui motivasi kerja guru dan mengetahui kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru di Kecamatan Ciparay. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi kerja guru dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya melalui kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah ada hubungan antara variabel X (kepemimpinan kepala madrasah Ibtidaiyah) dan variabel Y (motivasi kerja guru). Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket. Teknik analisis data dengan statistik dreskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,82 angka tersebut termasuk pada kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. (2) Motivasi kerja guru memperoleh nilai 3,48 berkualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. (3) Kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah hubungannya dengan motivasi kerja guru diperoleh nilai korelasi 72,5% dari hasil SPSS. Sehingga dapat dikatakan bahwa kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah (Variabel X) memiliki korelasi yang tinggi terhadap motivasi kerja guru (Variabel Y). Kadar pengaruh kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah sebesar 72,5%. Karena itu masih ada 27,5% faktor lain yang mempengaruhi motivasi kerja guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Motivasi; Guru |
Subjects: | Social Process > Leadership Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Restu Muhazir Awaludin |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 01:03 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 01:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38761 |
Actions (login required)
View Item |