Ramadhania, Dewi (2019) Penerapan metode Asyarah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an : Quasi experimen pada siswa kelas VIII di SMP PGRI 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yaitu adanya masalah berupa rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Hal itu ditandai oleh nilai rata-rata mereka yang masih di bawah KKM. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an disebabkan karena guru belum menggunakan metode yang tepat. Maka, untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peneliti akan menggunakan metode Asyarah’. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Asyarah’ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII, 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII dengan menggunakan metode Asyarah’, 3) Pengaruh penggunaan metode Asyarah’ terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya penggunaan metode yang tepat, termasuk metode Asyarah’. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis bahwa penggunaan metode Asyarah’ diduga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Asyarah’ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII berjalan baik sesuai dengan tahapan-tahapannya yaitu : persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Kegiatan siswa dan guru mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. 2) Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Asyarah’ mengalami peningkatan, hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 61,94 dan hasil post-test nilai rata-rata sebesar 80,05. 3) Pengaruh penggunaan metode Asyarah’terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an ditunjukkan dengan nilai hasil Uji N-Gain kelas eksperimen diperoleh gain 0,42. Artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kategori sedang karena 0,7 ˃ g ≥ 0,3.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode asyarah; kemampuan; membaca al-qur'an; |
Subjects: | Islam > Recitation and Reading Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dewi Ramadhania |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 01:09 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38795 |
Actions (login required)
View Item |