Analisis hukum ekonomi syariah terhadap akad Murabahah pada splikasi Cicil mahasiswa di hubungkan dengan fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang skad Murabahah : Studi kasus pada mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pirdayanti, Yupi (2021) Analisis hukum ekonomi syariah terhadap akad Murabahah pada splikasi Cicil mahasiswa di hubungkan dengan fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang skad Murabahah : Studi kasus pada mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Tinjauan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang memiliki kebutuhan untuk menunjang perkuliahan yang harus diselesaikan, Akan tetapi mengalami kekurangan dalam keuangan. Salahsatu solusi supaya terpenuhi suatu hal yang dibutuhkan yaitu mengetahui tata cara untuk melakukan pembiayaan di lembaga keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Praktik akad pembiayaan Murabahah pada aplikasi cicil mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati bandung (2) mengetahui Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap akad Murabahah pada Aplikasi cicil mahasiswa dihubungkan dengan Fatwa DSN No. 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad murabahah. Sistem pembiayaan pada aplikasi cicil mahasiswa yang digunakan ialah akad murabahah merupakan kesepakatan kedua belah pihak yang mana harga awal diketahui serta penjual memiliki keuntungan yang diketahui oleh pembeli. Metode penelitian yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif ialah metode yang dilakukan dengan cara menggambarkan, menjelaskan, menyelidiki suatu hal yang berkaitan dengan fakta yang tidak dapat diukur juga tidak dapat digambarkan melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus ialah menganalisis suatu kasus secara mendalam dan dari berbagai prespektif. Dalam penelitian yang diteliti oleh penulis membuahkan hasil data ialah suatu pembiayaan pada aplikasi cicil mahasiswa yang hanya dikhususkan bagi mahasiswa aktif saja dengan tata cara yang harus dilakukan oleh nasabah ialah; memiliki aplikasi cicil, mengisi data diri sesuai KTP, pembeli mencari barang yang dibutuhkan di market place, lalu pembeli meminta permohonan, kemudian memilih waktu angsuran pembiayaan dan setelah terkonfirmasi dilanjutkan dengan pertemuan wakil dari aplikasi cicil ialah student ambassador supaya melakukan akad jual beli dan tanda tangan surat perjanjian. Dalam analisis hukum ekonomi syariah serta dihubungan dengan ketentuan fatwa DSN-MUI No. 04 tahun 2000 tentang murabahah. Mengenai akad yang digunakan ialah akad murabahah pada pembiayaan aplikasi cicil mahasiswa ini adanya rukun dan syarat yang tidak terpenuhi yang mengakibatkan batalnya suatu akad pada bagian objek dan juga harga ialah barang yang diperjualbelikan belum hak milik pada aplikasi cicil lalu mengenai harga terkait keuntungan yang hanya ditentukan secara sepihak oleh aplikasi cicil mahasiswa dengan dihubungkan pada Fatwa tentang murabahah pada ketentuan pertama poin lima dan ketentuan kedua poin dua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Murabahah; Fatwa DSN-MUI
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Yupi Pirdayanti
Date Deposited: 19 Apr 2021 01:18
Last Modified: 19 Apr 2021 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38820

Actions (login required)

View Item View Item