Keanekaragaman dan kelimpahan serangga pengunjung bunga di Taman Keanekaragaman Hayati Kiara Payung Sumedang, Jawa Barat

Widia, Sri (2020) Keanekaragaman dan kelimpahan serangga pengunjung bunga di Taman Keanekaragaman Hayati Kiara Payung Sumedang, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Serangga pengunjung bunga memegang peranan penting dalam ekosistem yaitu salah satunya sebagai polinator. Taman Keanekaragamana Hayati Kiara Payung memiliki berbagai tumbuhan berbunga, hal ini berpotensi sebagai sumber makanan dan habitat bagi serangga. Inventarisasi serangga pengunjung bunga penting dilakukan untuk mengetahui populasinya di suatu ekosistem yang nantinya dapat digunakan sebagai data awal untuk konservasi serangga pengunjung bunga sebagai pelestarian hayati. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelimpahan dan keanekaragaman serangga pengunjung bunga serta korelasinya dengan faktor lingkungan di Taman Keanekaragaman Hayati Kiara Payung Sumedang, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan di dua blok dengan total luas wilayah 1,875 Ha pada bulan Februari-Maret 2020. Penangkapan serangga dilakukan dengan menggunakan sweeping net pada waktu pagi (07.30-09.30 WIB), siang (12.30-14.30 WIB), dan sore (15.30-17.30 WIB). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis Indeks Keanekaragaman Shannon-Wienner (H’), Indeks Dominansi Simpson (D’) dan Indeks Kemerataan Shannon (J’) serta dilakukan uji korelasi Pearson terhadap serangga pengunjung bunga dan faktor lingkungan. Hasil penelitian diperoleh 188 individu serangga pengunjung bunga yang terdiri atas 4 ordo, 13 famili, 34 morfospesies. Indeks keanekragaman tertinggi yaitu pada blok 5 (3,10) dibanding blok 4 (2,92). Indeks dominansi pada blok 4 dan blok 5 memiliki nilai sama (0,05), sedangkan indeks kemeratan blok 4 (0,93) lebih tinggi dari blok 5 (0,89). Korelasi faktor fisik lingkungan dengan kelimpahan serangga pengunjung bunga menunjukan suhu, kelembaban dan intensitas cahaya berkorelasi positif atau berbanding lurus sedangkan kecepatan angin berkorelasi negatif atau berbanding terbalik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inventarisasi; Serangga Pengunjung bunga; Taman Kehati Sumedang;
Subjects: Animals, Zoology, Wildlifes > Research of Animals
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Sri Widia
Date Deposited: 19 Apr 2021 07:18
Last Modified: 19 Apr 2021 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38828

Actions (login required)

View Item View Item