Persepsi siswa tentang manajemen kelas hubungannya dengan prestasi belajar siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Al - Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung

Rozy, Fachru (2020) Persepsi siswa tentang manajemen kelas hubungannya dengan prestasi belajar siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Al - Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa salah satu faktor keberhasilan prestasi belajar siswa di dalam kelas adalah peran guru dalam menerapkan manajemen kelas yang baik. Penelitian ini diawali dengan adanya fenomena manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di Madrasah Aliyah Al – Jawami. Salah satu keberhasilan prestasi belajar dilihat dari nilai evaluasi pembelajaran dalam mengukur pengetahuan siswa di dalam kelas. Namun, banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menjadi tantangan bagi guru dalam menerapkan manajemen kelas yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa itu tersendiri. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui: (1) manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelas berdasarkan persepsi siswa, (2) mengetahui prestasi belajar siswa, (3) mengetahui persepsi siswa tentang manajemen kelas hubungannya dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al – Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode kuesioner / angket, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa di Madrasah Aliyah Al – Jawami. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi perindikator, pervariabel, uji normalitas data, analisis korelasi, dan koefisiensi korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, diperoleh (1) manajemen kelas di Madrasah Aliyah Al – Jawami mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,04. Artinya bahwa manajemen kelas yang dilakukan di Madrasah Aliyah Al – Jawami berdasarkan limit interval yang telah ditentukan berada pada rentang 2,60 – 3,39 dan termasuk ke dalam kategori sedang. (2) prestasi belajar siswa berdasarkan perhitungan data yang dilakukan memperoleh nilai rata – rata sebesar 82. Setelah diketahui nilai rata – rata variabel Y kemudian di klasifikasikan menjadi skor variabel dengan memiliki kriteria baik. (3) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang manajemen kelas hubungannya dengan prestasi belajar siswa menghasilkan nilai rata – rata sebesar – 0,14. Nilai yang dihasilkan bertanda negatif yang berarti pelaksanaan manajemen kelas di Madrasah Aliyah Al – Jawami berdasarkan persepsi siswa telah melaksanakan tugas sebagai guru dalam menjalankan manajemen kelas dengan baik sesuai dengan kinerjanya. Namun prestasi belajar yang dihasilkan menurun. Ini disebabkan oleh faktor lain seperti faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil dari prerstasi belajar siswa didalam kelas, seperti motivasi, kecerdasan, keluarga, lingkungan sekitar dan lainnya. Hal ini terlihat pengaruh dari manajemen kelas terhadap prestasi siswa sebesar 1,96 %. Artinya manajemen kelas yang dilakukan guru tidak memberikan pengaruh besar dalam prestasi siswa. Oleh karena itu, seorang guru dituntut mampu memahami kondisi dan keadaan setiap siswa di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas;Prestasi Belajar Siswa;Hubungan Manajemen Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fachru Rozy
Date Deposited: 28 Apr 2021 00:50
Last Modified: 28 Apr 2021 00:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38930

Actions (login required)

View Item View Item